Badak Ingin Hidup

Ujung Kulon
Sumber :
VIVA.co.id
Edu House Rayakan Harlah ke-8
-
Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq
Badak bercula satu kini makin langka di Ujung Kulon. Apa sebab dan kenapa ini bisa terjadi? Untuk mempertahankan habitat badak di Ujung Kulon dari kepunahan lebih besar, maka perlu dilakukan beberapa hal:
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

1. Menyediakan habitat yang dominan

Badak itu sangat suka lulur, yaitu dengan tanah basah atau air berlumpur. Kalau demikian, maka Badan Konservasi kebun binatang badak bercula satu ini harus menyediakan daerah atau lahan yang digunakan untuk kesenangannya. Hal ini perlu untuk memberikan kenyamanan dan ketenangannya pada saat bersantai yang menjadi favoritnya. Di sekitar kubangan lumpur harus tersedia pepohonan untuk memberikan rasa betah, sehingga dapat meningkatkan perkawinan. Jika habitatnya diberikan maka badak itu mudah berkumpul (alat pengumpul).

2. Menyediakan gua-gua buatan

Kalau tempat bermainnya sudah ada, maka selanjutnya adalah rumah. Rumahnya cukup dengan membuatkan gua-gua buatan di tengah kebun binatang badak. Gua yang agak tinggi dan di depannya terdapat aliran sungai untuk bersih-bersih dari kubangan lumpur. Gua-gua buatan ini bisa terbuat dari batuan yang disusun rapih, atau adukkan semen dan batu karang. Buatkan satu tempat yang banyak tersedia makanan yang tak jauh dari rumah gua itu.

3. Menyediakan jalan untuk turis

Jika badak ingin berkembang lagi jumlahnya, maka perlu ditanamkan rasa cinta terhadap badak pada para warga dan pelajar juga mahasiswa agar mereka bisa belajar dari kekurangan habitatnya.

4. Tim khusus

Dibutuhkan para ilmuwan yang tergabung dalam tim khusus dalam jangka waktu tertentu untuk mengembangbiakan badak bercula satu serta memberi rasa nyaman.

5. Menyediakan pos-pos kamera

Tiap sudut pinggiran letak kebun binatang badak, harus tersedia kamera tersembunyi untuk memberikan informasi kejahatan terhadapnya.

6. Mengetahui jenis makanan yang disukai

Badak mungkin akan lebih cepat berkembang biak bila hidupnya sudah nyaman. Diantara nyaman itu adalah jenis rerumputan apa yang paling faforit. Kalau sudah tahu, maka tinggal menanamnya lebih banyak.

7. Penyediaan air yang cukup

Karena badak bercula satu menyukai tempat basah, maka air harus tersedia agar lumpurnya tetap basah saat musim kemarau.

Demikianlah beberapa hal yang harus dipersiapkan dan disediakan untuk badak kita yang merupakan binatang yang dilindungi oleh pemerintah. Badak bercula satu akan merasa nyaman bila segala sesuatunya yang dibutuhkannya terpenuhi.

Dalam hal ini pemerintah harus benar-benar memperhatikan apalagi saat sekarang jumlah badak bercula satu di Ujung Kulon amat sangat memprihatinkan. (Cerita ini dikirm oleh Hipni Hamid)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda).

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya