Kriteria Rumah yang Nyaman untuk Badak

Sungai Cigenter merupakan sungai yang terdapat dalam Pulau Handeuleum, sebuah pulau kecil di gugusan Pulau Taman Nasional Ujung Kulon.
Sumber :

VIVA.co.id - Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Satu di antaranya adalah badak. Namun, sayang satwa langka ini populasinya terus merosot. Di negara tetangga yaitu Vietnam, badak (dari jenis Badak Jawa) bahkan sudah dinyatakan punah.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Agar tetap lestari, kita harus menjaga badak-badak yang tersisa. Salah satu caranya adalah mengupayakan rumah yang nyaman bagi badak. Setidaknya, ada empat hal yang membuat rumah badak menjadi nyaman, yaitu menyediakan cukup makanan, memberikan perlindungan, lingkungan yang sehat, dan tidak harus habitat asli.

1. Rumah yang nyaman adalah rumah yang menyediakan cukup makanan

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Badak merupakan hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Daun-daun, tunas, dan buah yang jatuh dari pohon menjadi makanan kesukaannya. Tetapi malang, pepohonan di habitat badak kerap dibabat sehingga sumber makanan berkurang.

Belum lagi persaingan dengan sesama hewan herbivora seperti banteng. Badak semakin sulit memperoleh makanan. Karena itu, para pembabat hutan harus ditindak tegas. Penduduk sekitar juga harus mendapat pengarahan agar tidak membuka lahan perkebunan atau pertanian di kawasan hutan yang dilindungi.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

2. Rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa memberikan perlindungan bagi badak

Para pemburu mengincar badak untuk diambil culanya. Walaupun belum terbukti secara ilmiah, tetapi banyak orang meyakini cula badak memiliki khasiat bagi kesehatan. Karena itu, rumah badak harus menjadi tempat berlindung yang aman, bebas dari gangguan para pemburu.

3. Rumah yang nyaman adalah rumah dengan lingkungan yang sehat

Wabah penyakit mengintai badak. Bila tidak dicegah, wabah tersebut akan menyerang seluruh populasi yang tersisa. Badak pun terancam punah. Karena itu, ahli yang bertugas memantau kesehatan badak harus cepat bertindak mengobati bila ada badak yang sakit.

Ahli kesehatan sejak dini harus pula menyiapkan berbagai obat atau vaksin bagi badak untuk berjaga-jaga bila suatu ketika wabah menyerang. Selain itu, rumah badak juga harus bebas dari pencemaran yang mungkin timbul dari kegiatan masyarakat ataupun aktivitas industri di sekitar habitat badak.

4. Rumah yang nyaman tidak harus habitat asli

Dua dari lima jenis badak yang ada di dunia terdapat di Indonesia. Kedua jenis badak itu adalah Badak Jawa dan Badak Sumatera. Badak Jawa memiliki habitat asli di Taman Nasional Ujung Kulon, sedangkan Badak Sumatera di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Seiring pertambahan penduduk, kedua taman nasional itu mulai terdesak. Sedikit demi sedikit hutan dirambah menjadi lahan perkebunan untuk mencukupi kebutuhan pangan. Untuk mencegah populasi badak terus menurun, badak yang ada di kedua kawasan konservasi itu mungkin dapat dipindahkan ke taman nasional lainnya sebagai habitat baru.

Dengan memberikan rumah yang nyaman bagi badak, semoga kita bisa melestarikan hewan langka itu. Bahkan kalau bisa, populasi badak yang ada saat ini bisa bertambah lebih banyak lagi. (Cerita ini dikirim oleh Siti Nurlaela – Jakarta Timur)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda.

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya