Memberikan Rumah yang Nyaman untuk Badak

Ujung Kulon
Sumber :

VIVA.co.id - Badak, siapa sih yang tidak kenal dengan hewan satu ini, yang populasinya hampir punah. Apa kalian tidak kasihan dan tidak peduliĀ  terhadap hewan badak? Ayo kita lestarikan hewan badak yang hampir punah dengan cara memberikan rumah yang nyaman agar tidak punah hewan badaknya.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Badak yang hampir punah rata-rata Badak Jawa. Badak tetap ada pada risiko diburu, sensitif pada penyakit serta menciutnya keragaman genetik menyebabkannya terganggu dalam proses berkembangbiak.

Perkiraan yang paling optimistis memperkirakan bahwa lebih sedikit dari 100 Badak Jawa masih ada di alam bebas. Mereka dianggap sebagai mamalia yang paling terancam walaupun masih terdapat Badak Sumatera yang tempat hidupnya tidak dilindungi seperti Badak Jawa, dan beberapa pelindung alam menganggap mereka memiliki risiko yang lebih besar.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Badak Jawa hidup di hutan hujan dataran rendah, rumput tinggi dan tempat tidur alang-alang. Kenapa Badak Jawa? karena Badak Jawa populasinnya terus turun dari waktu ke waktu, hal itu dikarenakan perkembangbiakan Badak Jawa cukup lama dan Badak Jawa terancam punah karena banyaknya perburuan liar yang mengincar culanya. Selain itu, rusaknya habitat juga menjadikan populasi badak semakin terancam.

Salah satu cara untuk melestarikan badak yaitu contohnya di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Pemerintah perlu membuat habitat lain di luar TNUK. Hal ini dianggap perlu dilakukan untuk menghindari ancaman kepunahan badak yang disebabkan bencana alam seperti tsunami dan gunung meletus, atau akibat wabah penyakit.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Memang di sisi lain juga tidak mudah untuk membuat habitat baru badak, karena untuk melihatnya saja susah, apalagi untuk menangkap dan memindahkannya.

Tetapi kalau kita berusaha pasti akan selalu ada jalan. Semoga bermanfaat dan ayo melakukan perubahan untuk melindungi badak yang hampir punah. Selamat Hari Badak Internasional! (Cerita ini dikirim oleh Siti Saerah, Bogor)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya