Bagaimanakah Rumah yang Nyaman untuk Badak?

Ujung Kulon
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Indonesia memiliki dua jenis badak yaitu badak bercula satu (Badak Jawa) dan badak bercula dua (Badak Sumatera) dari lima jenis badak yang tersisa di dunia. Populasi badak di Indonesia ini statusnya amat krusial, hanya sedikit populasi yang ditemukan di alam bebas serta tidak ada di kebun binatang.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Badak ini kemungkinan merupakan mamalia terlangka yang ada di bumi. Menyusutnya populasi badak ini disebabkan oleh:

1. Perburuan untuk diambil culanya yang amat bernilai

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

2. Kehilangan habitat akibat perang atau bencana alam

3. perkembangbiakan badak yang lambat, yaitu hanya meahirkan satu dalam interval waktu 4-5 tahun dan masa kehamilan selama 15-16 bulan.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Pelestarian badak di Ujung Kulon telah dilakukan sejak lama oleh pemerintah dengan dibantu oleh lembaga

1. Melindungi habitat badak dengan cara dukungan patroli anti perburuan.

2. Upaya manajemen habitat dengan harapan habitat yang terjaga akan bisa mempertahankan populasi yang tersisa, seperti menjamin makanannya (50 kg makanan/hari) yaitu tumbuhan yang langsung terkena sinar matahari dan menjamin ketersediaan garam karena badak membutuhkan garam untuk memenuhi asupan mineral untuk nutrisi, yaitu air laut.

3. Buat habitat seperti aslinya, yaitu hutan dengan beberapa  populasi seperti kerbau yang memiliki kebiasaan sama yaitu membuat kubangan lumpur. Karena berkubang di lumpur merupakan karakter umum seluruh badak untuk melindungi suhu tubuh dan menolong menghindari  dari penyakit dan parasit.

4. Keterlibatan masyarakat pun dibutuhkan untuk menjaga populasi badak agar terhidar dari kepunahan.

5. Edukasi Konservasi bagi kalangan pelajar sekolah dasar merupakan investasi jangka panjang untuk menumbuh kembangkan kecintaan dan kebanggaan generasi penerus terhadap satwa langka tersebut.

Penjelasan diatas saya rasa bisa untuk membuat badak hidup dengan nyaman dan populasinya terus berkembang. Selamat hari badak Internasional 22 September! (Cerita ini dikirim oleh: Siti Maryana – Garut)

(Cerita ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya