Rumah yang Baik untuk Badak

Ujung Kulon
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Badak adalah hewan yang pemalu dan penyendiri sehingga dia susah untuk diketahui dan sulit juga untuk dapat pasangan. Jika ada pernyataan orang yang tidak tahu malu disamakan dengan Badak Jawa adalah salah besar.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Berbeda dengan kawanan bebek yang sosialis sehingga bebek mudah sekali berkembang biak. Bukan hanya itu badak juga adalah hewan yang manja dan rentan terhadap parasit. Walau badak memiliki kulit yang tebal, namun kulitnya sensitif terhadap parasit seperti kutu badak.

Bukan kulitnya saja yang sensitif melainkan penciumanya lebih sensitif dari pada anjing. Badak bisa mencium bau manusia sejauh 2 km. Karena hal ini lah susah sekali bisa manusia untuk selfie dengan badak. Masih 2 km jarak kita dengan badak, dia sudah lari duluan.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Badak senang berkubang untuk membersihkan diri dari parasit yang menempel di kulitnya. Kalau versi manusia kegiatan ini disebut perawatan salon. Walau lulurnya lumpur, namun cara ini efektif untuk memuluskan kulit badak. Badak tidak memakan rumput melainkan tanaman-tanaman kerdil.

Rumah yang baik untuk badak itu adalah tersedianya banyak fasilitas untuk badak. Fasilitas untuk tempat berkubang. Tempat berkubang harus dibuat oleh manusia bukan dipilih oleh badak secara alami saja. Seperti menyiapkan jalurnya dan di setiap jalur harus ditanami tanaman yang disukai badak.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Bukan jalurnya saja, namun area yang lain harus ditanami tanaman yang disukai badak dan ditanam pada satu titik saja. Hal ini mungkin harus menebang beberapa pohon liar di sekitar.

Jika pohon liar itu diganti dengan tanaman yang disukai badak menjadi jalur ke tempat fasilitas badak seperti sungai dan kubangan, maka badak akan sering ke tempat tersebut karena mereka anggap nyaman. Dipastikan puluhan badak itu akan berkumpul di sana.

Semakin sering berkumpul dipastikan akan terjadi perkawinan dan lestarilah hidup badak. Jika hal itu sudah dilakukan, maka akan lahir fasilitas yang lain, yaitu fasilitas semua kebutuhan badak akan terpenuhi.

Yang biasa disebut fasilitas zona kota badak. Zona kota ini akan mengumpulkan Badak Jawa dalam satu titik. Hal ini sama saja dengan kota-kota besar yang dibangun manusia. Terbukti semua orang berbondong-bondong berpindah ke kota karena banyaknya fasilitas dan kehidupan yang lebih layak.

Hal yang ekstrem untuk mengumpulkan badak dalam satu kota badak yaitu dengan membuat zona hell. Zona hell atau neraka adalah zona-zona itu dibuat agar badak tidak menyukai tinggal di tempat tersebut.

Zona hell ini harus mengganti tanaman yang disukai badak dengan tanaman-tanaman yang tidak dapat dimakan badak. Zona hell ini harus memberikan akses ke zona kota badak.

Jika badak sudah mengetahui ada dua zona ini, dipastikan badak sedikit demi sedikit akan menuju zona kota badak. Jika kedua zona ini sudah dibuat, maka badak akan berkumpul  di satu titik dan potensi terjadinya perkawinan sangat besar. (Cerita ini dikirim oleh Suprianto, Tangerang)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya