Membuat Istana Badak

Ujung Kulon
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Bagaimana rumah yang nyaman untuk badak? Pertanyaan yang mudah namun susah-susah gampang untuk dijawab. Seperti layaknya manusia, hewan pun membutuhkan rumah yang nyaman dan bisa melindungi dirinya dari bahaya termasuk badak.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Sekarang ini, hewan badak sudah hampir punah, badak pun dinobatkan sebagai hewan langka. Banyak organisasi maupun yayasan yang berusaha untuk melindungi hewan badak ini dari kepunahan. Namun, banyak juga orang yang memburu badak untuk kepentingan diri sendiri atau kepentingan bisnis. Sungguh miris.

Di dunia ada lima jenis hewan badak yaitu Badak Hitam dan Badak Putih yang tinggal di daerah Afrika, Badak India yang tinggal di daerah India, Badak Sumatera yang tinggal di daerah Indonesia dan Malaysia, yang terakhir adalah Badak Jawa yang tinggal di daerah Indonesia

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Di Indonesia sendiri memiliki dua jenis badak, yaitu Badak Jawa dan Badak Sumatera.  Badak Jawa yang berada di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, hanya memiliki jumlah badak sekitar kurang lebih 50 ekor badak yang rata-rata bisa hidup 30-40 tahun. Sedangkan Badak Sumatera yang berada di Indonesia dan Malaysia memiliki jumlah tidak kurang dari 110 ekor.

Badak hewan yang langka dan hampir punah. Bahkan setiap tahun jumlah hewan badak ini semakin menurun dan keadaanya pun semakin terancam oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Tidak hanya pemburu badak yang menyebabkan badak semakin berkurang, namun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut. Salah satunya adalah habitat badak yang terusik.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Habitat badak pada umumnya berada di hutan yang lebat. Namun, karena ulah manusia yang menebang pohon sembarangan bahkan membakar hutan menyebabkan habitat badak terganggu. Karena habitat badak yang terganggu, maka dibuatlah suaka margasatwa untuk badak.

Selain itu, badak juga diletakkan di kebun binatang. Namun di kebun binatang maupun di suaka margasatwa, badak pun masih terus mengalami penurunan jumlah. Hal ini dikarenakan adanya faktor eksternal dan internal. Lalu rumah seperti apa yang nyaman untuk badak dan terlindungi dari bahaya?

Rumah yang nyaman untuk badak adalah rumah yang  sesuai dengan habitatnya. Layaknya sebuah hutan yang alami, maka dibuatlah hutan buatan untuk kehidupan si badak ini.

Hutan yang memiliki banyak pohon, banyak memiliki sumber makanan dan minuman. Rumah yang hampir mirip dengan habitatnya akan membuat si badak lebih nyaman. Namun tidak cukup dengan dibuatnya rumah yang nyaman saja tapi dengan perlindungan yang ketat dan perawatan yang baik akan membuat si badak menjadi lebih baik.

So, buatlah kehidupan si badak lebih baik dan nyaman agar hewan badak tidak punah. Jaga dan lestarikan lingkungan. Rawatlah makhluk hidup dengan baik. Selamat Hari Badak. (Cerita ini dikirim oleh Latifah Nurianti, Surabaya)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya