Rumah Ideal bagi Badak

Sungai Cigenter merupakan sungai yang terdapat dalam Pulau Handeuleum, sebuah pulau kecil di gugusan Pulau Taman Nasional Ujung Kulon.
Sumber :

VIVA.co.id - Indonesia adalah negara tropis, yakni terdapat banyak habitat flora dan fauna  terbesar di dunia termasuk juga  binatang khasnya, yaitu  badak. Badak bercula satu atau biasa kita sebut dengan Badak Jawa atau Rhinocerous Sondaicus yang dapat kita jumpai di Taman Perlindungan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK ) dan sekitar delapan individu di Taman Nasional Cat Tien Vietnam.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Sebenarnya safety house bagi badak ini dulu diperkirakan tersebar juga di seluruh wilayah Aceh sampai Lampung, tapi hingga kini badak mulai terancam punah. Salah satu faktor terancam punah  atau  critically endangered dari Badan Konservasi dunia IUCN.

Faktor utama penurunan populasi badak saat ini adalah berkurangnya habitat akibat deforestasi hutan dan kebakaran hutan. Akibat semakin berkurangnya lahan, maka badak juga sering terlihat di daerah pemukiman warga dan perkebunan. Lalu bagaimana seharusnya  tindakan kita sebagai populasi yang peduli dengan satwa langka ini? Bagaimana memberikan rumah nyaman bagi badak agar kelestariannya tetap kita jaga?

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Habitat badak meliputi hutan, rawa, dan dataran rendah hingga hutan perbukitan. Tempat yang biasanya memiliki sumber air, tempat berteduh dan sumber makanan yaitu meliputi buah terutama mangga liar dan fikus, dedaunan, ranting-ranting kecil dan kayu. Di alam bebas, badak mampu bertahan hidup sampai usia sekitar 45 tahun.

Kita juga harus menyediakan tempat berkubang di bawah terik matahari. Hal ini wajib dilakukan untuk menjaga suhu tubuh badak dan juga mencegah penyakit dan parasit di dalam tubuhnya.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Walaupun begitu, badak juga sering dijumpai beristirahat di tanah padat selain kubangan. Tempat istirahat ditandai dengan bekas atau jejak kulit badak di tanah. Tempat mencari mineral juga perlu diprioritaskan karena nutrisi untuk badak diterima dari garam.

Semoga dengan adanya tempat penangkaran ideal ini diharapkan badak akan tetap terjaga kelestariannya. (Cerita ini dikirim oleh Wimala Dyah Intan, Surakarta)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya