Rumah Ideal untuk Badak yang Tenang

Ujung Kulon
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Beruntungnya kita sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai 2 spesies badak dari 5 spesies badak yang ada di dunia sebagai salah satu kekayaan alam fauna.  Badak Indonesia tersebut adalah yang kita kenal sebagai Badak Jawa (Rhinocerus Sondaicus) bercula satu dan Badak Sumatera (Dicerorhinus Sumatrensis) bercula dua. Karena culanya yang bermanfaat, salah satunya untuk pengobatan tradisonal Cina maka badak menjadi sasaran perburuan hingga saat ini.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Untuk itu sangat penting untuk selalu melindungi kehidupan spesies badak-badak tersebut, terlebih lagi banyaknya pergeseran habitat yang semakin menyempit terhimpit dengan komunitas manusia yang semakin menyebar ke pelosok-pelosok penjuru Indonesia.

Keadaan seperti itulah yang membuat komunitas dari spesies badak menjadi mengecil dan berada diambang kepunahan. Untuk itu alangkah baiknya bila kita menyediakan lahan untuk habitat spesies badak tersebut berdasarkan sifat dan karakternya.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Karena badak mempunyai sifat tenang dan karakter umumnya yang suka berkubang, maka tempat seperti hutan hujan di dataran rendah, padang rumput yang basah serta tempat daratan banjir besar merupakan habitat yang ideal untuk rumah si badak.

Itulah langkah utama yang harus kita perhatikan bersama, khususnya pemerintah adalah menyediakan lahan lindung yang sesuai dengan sifat dan karakter Badak Jawa ataupun Badak Sumatera. Menjaga supaya terhindar dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab apalagi jangan sampai terjadi kasus pembakaran hutan seperti yang selalu terjadi setiap tahunnya dan perburuan- perburuan ilegal. Hal tersebut akan sangat mengganggu habitat dan sekaligus dapat memusnahkan komunitas spesies badak yang ada.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Adapun kawasan hutan lindung yang sudah dijadikan tempat suaka margasatwa seperti di Ujung Kulon untuk Badak Jawa dan Taman Nasional Bukit Barisan untuk Badak Sumatera harus tetap dipertahankan dan lebih diperhatikan lagi baik kenyamanan ataupun penjagaannya.

Taman dan hutan konservasi yang baru sangat memungkinkan dibuat, karena lahan ataupun hutan di Indonesia yang agraris ini sangatlah kaya, jadi sangat sesuai dengan habitat hidup dari komunitas badak.

Apabila jumlah populasi badak dari satu hutan lindung sudah terlalu banyak maka dapat dipindahkan ke hutan lindung lainnya. Banyak sekali kawasan hutan lindung yang sudah disediakan oleh pemerintah, seperti Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Halimun Gunung Salak, Taman Nasional Way Kambas dan Taman Nasional Kerinci Sebat.

Ayo bersama-sama melestarikan kekayaan alam fauna kita sebagai rasa tanggung jawab dan kebanggaan nasional bangsa Indonesia. (Cerita ini dikirim oleh Kartika Erwin Suryani, Semarang)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya