Kanker Bisa Sembuh Melalui Deteksi Dini

PDA Kota Tegal
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Meskipun masih menjadi momok yang menghantui perempuan, kanker payudara dan kanker serviks bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Pola hidup sehat  deteksi kanker payudara bisa dilakukan melalui metode periksa payudara sendiri (Sadari). Kanker Serviks bisa dideteksi dengan melakukan pemeriksaan IVA atau Pap Smear.

Hal tersebut disampaikan Nurlaila, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Tegal dalam kegiatan senam bersama keluarga besar Muhammadiyah dan pemerintah setempat. Menurut Nurlaila, senam yang dilaksanakan dalam rangka Hari Olahraga pada Minggu (13/09) merupakan ajang yang tepat untuk mempromosikan gerakan deteksi dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks pada masyarakat.

“Aisyiyah mengadakan kampanye peduli kanker payudara dan kanker serviks dengan harapan semua orang akan selalu mengingatkan ibu, istri, anak-anak perempuan, kakak dan adik perempuan, tetangga dan saudara perempuannya untuk melakukan deteksi dini secara teratur, sehingga angka kematian akibat kedua kanker tersebut bisa ditekan,” ujar Nurlaila.

Dalam kesempatan yang sama, Siti Masitha Soeparno, Walikota Tegal mengajak masyarakat Kota Tegal, khususnya kelompok perempuan untuk melakukan deteksi dini. “Puskesmas di Kota Tegal sudah melaksanakan pelayanan terhadap pemeriksaan dini,” kata Walikota yang akrab dipanggil Bunda Shita.

Gerakan deteksi dini dilakukan Aisyiyah melalui 25 kelompok binaan yang beranggotakan perempuan dhuafa mustadhafin yang tergabung dalam Balai Sakinah Aisyiyah (BSA) di enam kelurahan, yaitu Kelurahan Kejambon, Panggung, Tegalsari, Muarareja, Sumurpanggang dan Margadana. Mereka secara rutin mendapat edukasi dan pemberdayaan, khususnya di bidang kesehatan reproduksi perempuan. (Cerita ini dikirim oleh PDA Kota Tegal , Jawa Tengah)

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Hadiah lomba

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Acara kali ini bertajuk “Discover the Magic on You”.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016