Rumah Minimalis untuk Keluarga Badak

Keluarga Badak
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Rumah yang nyaman untuk badak itu minimal ukurannya 15 km, ukuran itu masih termasuk jenis RSSS untuk seekor badak dewasa, yang beratnya bisa mencapai angka 2 ton. Itu untuk 1 badak dewasa lho, bagaimana dengan keluarga badak, ada bapak, ibu, anak-anak, om, tante, sepupu, kakek dan nenek, tentu mereka butuh rumah yang lebih luas lagi.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Ingat, badak ini jenis yang suka menyendiri, jadi hutan yang luas itu wajib sekali agar mereka nyaman. Misalkan saja keluarga badak ada bapak badak, ibu badak, badak remaja dan badak junior yang masih ikut ibu badak, itu saja membutuhkan wilayah sebesar 45 km.

Kondisi yang terjadi di lingkungan kita saat ini, sangat tidak mendukung untuk mereka bisa tinggal dengan nyaman di rumahnya. Hutan yang semakin sempit, pembakaran hutan, dan juga perdagangan gelap membuat mereka terancam di rumahnya sendiri.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Dengan tindakan kita yang suka beli sembarang, tanpa cek apakah perusahaan tersebut merusak rumah badak atau tidak, akan memperparah kondisi badak. Mereka akan semakin kehilangan rumah. Jadi beli yang baik ya, agar rumah badak tidak tergusur.

Sebuah rumah yang nyaman tentu akan lebih nyaman lagi jika memiliki persedian makanan yang cukup. 50 kg perhari bukan jumlah yang sedikit untuk disimpan didalam lemari es, jadi pilihan terbaiknya adalah dengan adanya tanaman yang bisa menjadi bahan makanan badak. Badak tidak terlalu pemilih dalam urusan makan, tapi bagian favoritnya adalah tunas baru, ranting, daun-daunan muda dan buah yang jatuh.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Tumbuhan yang jadi favorit badak adalah tumbuhan yang langsung terkena sinar matahari. Badak ini pintar lho, jika dia ingin memakan buah yang masih ada di pohon, dia akan menabrak bohon ini, menggoyang-goyangkan sampai buahnya jatuh. Saat buah sudah di tanah, tinggal diambil saja dengan bibirnya yang agak lancip itu. Jadi tahu kan sekarang kenapa bibir badak itu lancip, karena dia sudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Badak juga butuh mandi dong, jika kita suka mandi-mandi cantik di bathtub, badak juga suka mandi-mandi cantik di kubangan lumpur. Berendam di lumpur ini berguna untuk menyingkirkan parasit-parasit yang ada di badak. Selain itu, mandi lumpur juga berguna agar badak tidak kepanasan. Kita bisa membantu keluarga badak agar bisa memiliki tempat tinggal yang nyaman dengan membeli yang baik. Cek dulu sebelum membeli sesuatu, apakah produsen barang tersebut ramah lingkungan, menggunakan bahan-bahan yang tidak diambil dari badak.

Kita juga bisa membantu dengan menyebarkan informasi mengenai badak, kan kata orang "Tak Kenal Maka Tak Sayang", dengan semakin orang mengenal badak, harapan untuk melindungi keluarga badak dan habitatnya juga akan semakin meningkat. Jangan sampai suatu saat nanti kita hanya bisa melihat badak di dalam buku. Bersama kita bisa menjaga keberlangsungan hidup keluarga badak. Salam lestari (Cerita ini dikirim oleh Mytusita)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya