Bagaimanakah Rumah yang Nyaman untuk Badak?

Badak Jawa ( Salah satu badak yang terancam punah )
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Seperti yang kita ketahui, semua makhluk hidup terutama hewan pasti memerlukan habitat atau disebut juga dengan tempat tinggal makhluk hidup. Mengenai definisi badak. Badak adalah hewan yang berukuran besar yang berasal dari Afrika atau Asia. Badak memiliki karakteristik yaitu, bobot lebih dari satu ton, berukuran besar, termasuk hewan herbivora, memiliki satu atau dua cula, memiliki kulit tebal, dll.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Walaupun badak adalah hewan herbivora, badak termasuk hewan yang berbahaya. Kita tidak akan dilawan atau disakiti oleh jenis jenis hewan lainnya termasuk badak jika kita tidak menyakiti mereka. Salah satu contohnya kita tidak merusak habitatnya.

Banyak sekali manusia yang menyakiti badak, merusak habitat badak hanya untuk menguasai lahan yang luas yaitu hutan untuk perusahaan. Kita sebagai manusia tidak boleh seperti itu. Mengapa? karena badak membutuhkan rumah seperti kita yang juga membutuhkan rumah.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara kedua dengan luas hutan yang paling luas setelah Amerika. Kita sebagai rakyat Indonesia harus bangga dengan itu. Tetapi, apa yang terjadi? Hutan di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa malah terbakar dengan sia-sia karena ulah manusia yang rakus.

Banyak hewan yang punah, tumbuhan yang mati, hewan yang terancam punah menjadi kasihan karena ketidaknyamanannya, habitat yang rusak, dll. Salah satunya badak yang terancam punah yang membutuhkan tempat yang nyaman untuk bertahan hidup. Bagaimanakah tempat yang nyaman itu? Tempat yang nyaman itu adalah,

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

1. Terbebas dari polusi udara yang sangat tinggi.

Polusi telah terjadi di Kawasan Sumatera dan Kalimantan. Polusi tersebut dapat mengakibatkan hewan, tumbuhan, dan tentunya manusia menjadi sakit dan berujung kematian karena penyebab ulah manusia. Kita harus dapat mencegah hal tersebut dengan tindakan tegas terhadap pembakaran hutan, pengurangan penggunaan kendaraan bermotor, dan melakukan aksi 1000 pohon atau reboisasi yang artinya penanaman hutan gundul kembali. Agar, hewan dapat hidup dengan tenang termasuk salah satunya badak.

2. Hutan yang rimbun.

Hutan yang rimbun termasuk salah satu rumah yang nyaman untuk badak. Mengapa, karena dengan adanya hutan yang rimbun, badak atau hewan lainnya dapat hidup dengan tenang, menghirup banyaknya oksigen, melimpahnya hasil makanan yang dapat diambil dari hutan tersebut, proses perkembangbiakan yang baik, dll.

3. Adanya tim kesehatan dan tim khusus penangan hewan.

Hal yang ketiga ini juga dapat membantu badak menjadi nyaman untuk bertahan hidup. Karena, dengan adanya hal tersebut, kondisi kesehatan badak dapat tertangani, proses perkembangbiakan yang baik sehingga anak badak yang dilahirkan menjadi sehat.

4. Suaka Margasatwa atau hutan lindung yang terjaga.

Seperti yang kita ketahui, badak adalah hewan yang dilindungi sehingga harus ditempatkan pada suaka margasatwa atau hutan lindung. Dan, tempat perlindungan tersebut harus terjaga dengan aman, tempat yang mendukung, bersih, sehingga badak-badak yang dilindungi itu dapat hidup dengan tenang.

Itulah keempat tempat yang nyaman untuk badak. Maka dari itu, mulai saat ini, ayo kita lindungi hewan yang telah terancam punah termasuk salah satunya yaitu badak. Jagalah atau rawatlah badak seperti orang tua merawat kita sejak kecil. Selamatkan bumi dari berbagai macam ancaman dan lindungi bumi kita. Karena kita adalah bumi dan bumi adalah kita. SAVE OUR ENVIRONMENT, LOVE ANIMALS! (Cerita ini dikirim oleh Danang Samudra - Surabaya)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya