Hutan Hujan Tropis Habitat Alami Badak Indonesia

Ujung Kulon
Sumber :

VIVA.co.id - Badak (rhinoceros) adalah salah satu hewan mamalia yang dilindungi karena populasinya semakin langka akibat perburuan dan tingkat reproduksi yang rendah sehingga keberlangsungan hidup hewan ini sangatlah menghawatirkan. Mengutip artikel yang ditulis oleh Terry Sunderland, "Indonesia: Membawa harapan baru untuk konservasi Badak?", bahwasanya penelitian telah memastikan kepunahan Badak Jawa di Vietnam dan Badak Hitam Barat (Western Black Rhino) di Kamerun.

Pada tahun 2010 dan 2011, hampir satu Badak ditembak setiap hari di bagian selatan Afrika. Kondisi ini diperparah dengan rusaknya habitat asli badak yakni hutan karena penebangan liar dan penggunaan sebagian lahan untuk perumahan dan lahan perkebunan yang  tak terkendali.

Indonesia dengan keberagaman satwa liar yang hidup di hutan tropis dikenal oleh dunia mempunyai dua jenis badak yaitu Badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus) dan Badak Sumatera (Dicerorhinus Sumatrensis) ke dua jenis Badak ini tergolong spesies yang terancam punah sehingga perlu kita berbuat sesuatu untuk kelestarian hewan langka ini. Habitat Badak Jawa dan Badak Sumatera hidup di kawasan hutan tropis Indonesia walaupun mempunyai karakteristik yang berbeda, namun ke dua hewan langka ini umumnya menyukai hutan dengan vegetasi yang lebat dan dekat dengan sumber air tempat mereka minum dan berkubang.

Badak Jawa dan Badak Sumatera mengutip pernyataan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Tachrir Fathoni, data terakhir 2015 mencatat Badak Jawa mencapai 57 ekor, atau meningkat dua kali lipat dari 25 ekor pada 1980 tetapi jumlah tersebut tetap mengkhawatirkan karena populasi Badak Jawa hanya ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon sedangkan Badak Sumatera masih dapat ditemukan di Way Kambas, Bukit Barisan Selatan, Gunung Leuser, dan Kutai Barat.

Menurut penelitian ahli, badak tergolong hewan pemakan semak dan daun. Makanan badak bervariasi terdiri dari berbagai spesies semak dan pohon tetapi hewan ini tidak memakan rumput. Bagian tumbuhan yang dimakannya mulai dari buah, pucuk, daun, dahan, batang, ranting hingga kulit pohon. Badak dikenal juga sebagai hewan yang kuat, menurut Widodo Ramono, Direktur Eksekutif Yayasan Badak Indonesia (YABI), badak dapat bergerak sepanjang jalan, senantiasa melintasi hutan berjam-jam. Dengan sangat mudah, badak dapat menembus pepohonan lebat, keras, dan berduri.

Habitat Badak Jawa dan Badak Sumatera adalah hutan hujan tropis, daerah ini adalah tempat yang sesuai untuk badak dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, hutan hujan tropis atau sering juga ditulis sebagai hutan hujan tropika adalah tempat yang nyaman untuk kehidupan badak. Hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa, yakni kurang lebih pada lintang 0°-10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa. Hutan hujan tropis bisa juga diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Hutan ini didapati di Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulauan Pasifik.

Indonesia sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki hutan hujan tropis yang cukup banyak adalah kawasan potensial untuk berkembang biaknya badak sehingga kawasan ini sangat perlu dijaga kelestariannya. Melindungi habitat alami badak adalah langkah tepat untuk keberlangsungan hidup hewan yang hampir punah ini.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Konservasi hutan dan pelestarian ekosistem di dalamnya memang tidaklah mudah, diperlukan sumber daya, kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memelihara hutan tetap alami, dan adanya kebijakan pemerintah yang kuat guna mewujudkan keinginan tersebut dan tentunya mendapat dukungan dari semua pihak baik masyarakat, pemerintah maupun pemerhati lingkungan hidup sehingga upaya-upaya yang dilakukan dapat efektif diterapkan karena melindungi habitat alami rumah badak yaitu hutan hujan tropis secara langsung ikut melindungi badak di dalamnya. (Cerita ini dikirim oleh Afian Sulistio, Jakarta)

(Cerita ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

Hadiah lomba

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Acara kali ini bertajuk “Discover the Magic on You”.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016