Rumah Kedua, Solusi Cerdas Tingkatkan Populasi Badak

seekor badak mati terbunuh (imgbuddy)
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Badak termasuk katagori RED dalam List Data Book IUCN, artinya jenis satwa yang terancam punah. Semakin tahun populasi Badak di Indonesia semakin menurun. Data

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Cula badak dipakai untuk pengobatan tradisional Cina yang dipercaya sangat berkhasiat. Harganya sendiri sangat fantastis, mencapai $30.000 per-kilogram. Sampai saat ini, populasi terbesar badak berada di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Ada sekitar 60 ekor badak yang masih bertahan. Pertumbuhan badak yang lambat, dengan ancaman perburuan liar dan di dukung oleh habitat alaminya yang semakin tergusur membuat badak menjadi satwa langka yang mendekati kepunahan.

TNUK tidak bisa menjadi satu-satunya rumah yang diandalkan untuk pengembangan Badak. Ujung kulon berdekatan dengan gunung Krakatau yang masih berstatus aktif. Aktivitas gunung ini menyebabkan kekeringan pada sumber air sehingga terjadi kelangkaan makanan. Jika gunung tersebut sampai meletus, maka akan semakin besar angka kematian badak di Indonesia.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Ulah manusia yang melakukan penebangan ilegal tanpa ada reboisasi membuat lahan hutan semakin sempit dan habitat alami badak rusak. Hal tersebut menambah panjang daftar penyebab persediaan makanan badak berkurang, sedangkan satu badak dewasa saja, memerlukan makanan 50 Kg setiap harinya. Ini tidak akan dapat mencukupi kebutuhan makanan para badak jika hal tersebut terus-menurus terjadi.

Harus ada rumah kedua sebagai solusi cerdas untuk peningkatan populasi dan pelestarian satwa langka ini secara maksimal. Seperti yang dikatakan Dr. Arnold Sitompul, Direktur Konservasi

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Rumah kedua yang baik adalah rumah yang menyerupai habitat aslinya. Sebisa mungkin terhindar dari kekeringan dan bencana alam. Selain itu dilengkapi dengan keamanan yang ketat. Ini semua dapat terwujud jika masyarakat, pemerintah dan lembaga perlindungan bahu-membahu untuk mencegah kepunahan satwa langka ini.

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian badak dapat mengurangi terjadinya perburuan liar, memanfaatkan suaka marga satwa yang sudah ada, kesadaran para penebang ilegal tentang pentingnya hutan bagi fauna dan flora serta paru-paru dunia, juga mendukung pemerintah mengadakan program rumah kedua bagi

Badak adalah tindakan sederhana untuk mencegah kepunahan badak. Hukum berat kepada para pemburu badak, stop illegal logging, tingkatkan pengawasan lahan hutan serta mari dukung penuh pengembangan dan kelestarian badak. Sebelum badak punah dan namanya menjadi sejarah dalam ensiklopedia. (Cerita Ini dikirim oleh Ndazaini)

(Cerita ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya