Badak Aman, Habitat Nyaman

Sungai Cigenter merupakan sungai yang terdapat dalam Pulau Handeuleum, sebuah pulau kecil di gugusan Pulau Taman Nasional Ujung Kulon.
Sumber :
VIVA.co.id
Edu House Rayakan Harlah ke-8
- Indonesia adalah negara kepulauan di mana hal tersebut menjadi latar belakang beragamnya fauna yang ada di Indonesia. Namun, mirisnya keberagaman fauna yang ada di Indonesia kini ada yang mulai terancam punah. Salah satunya adalah Badak.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Badak adalah salah satu hewan endemik atau hewan yang dilindungi oleh pemerintah untuk keberlangsungan hidupnya. Badak di Indonesia mempunyai 2 jenis yaitu Badak Jawa atau biasa disebut badak bercula satu dan Badak Sumatera atau biasa disebut badak bercula dua. Kedua badak ini telah memiliki habitat yang dilindungi pemerintah tapi mengapa masih ada saja manusia yang tega secara illegal membunuh badak tersebut di tempat habitatnya. Jawabannya, karena demi memperoleh keuntungan pribadi dengan menjual culanya.
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong


Badak adalah hewan endemik yang harus dilestarikan demi keberlangsungan hidup badak dan yang nantinya akan tetap ada hingga anak cucu kita. Oleh karena itu, habitat yang tepat dan aman oleh ancaman jahat manusia harus didirikan demi hidup badak yang populasinya kian menurun. Rumah atau tempat hidup badak yang nyaman dan aman adalah jauh dari ancaman perburuan manusia, terlindung dari bencana alam, dan sesuai dengan habitat alami badak.


Seperti Badak Jawa hidup di hutan hujan dataran rendah, rumput tinggi dan tempat tidur alang-alang yang banyak dengan sungai, dataran banjir besar atau daerah basah dengan banyak kubangan lumpur. Kita harus membuat rumah khalayak rumah asli yang dilindungi UU dan memasang CCTV untuk keamanan badak. Apabila ada perburuan maka kita akan tahu siapa dalangnya.


Bagi pemburu illegal di kenakan hukuman dan sanksi berat sesuai UU agar para pemburu jera. Selain itu, rumah yang nyaman untuk badak adalah rumah yang sehat di mana di dalamnya selalu terjaga kebersihannya serta setiap minggu datang khusus dokter hewan untuk memeriksa keadaannya.


Kesimpulannya bahwa rumah yang nyaman untuk badak adalah rumah yang sehat dan aman dari ancaman bencana alam dan perburuan manusia. Rumah dengan desain asli seperti tempat tinggalnya di alam bebas.
(Cerita ini dikirim oleh Lailatul Nur Aini, Ponorogo)


Cerita ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?"


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya