Mengembalikan Istana Badak

Istana Badak
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Badak adalah famili Rhinocerotidae yang memiliki dua genus di antaranya telah punah yaitu Coelodonta dan elasmotherium.Badak Sumatera diperkirakan jumlahnya tinggal enam puluh individu di dunia.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Hewan berkulit keras dan bercula ini mengalami penurunan jumlah yang sagat drastis akibat perburuan liar. Anggapan bahwa cula badak dapat digunakan sebagai obat bermacam-macam penyakit merupakan pemahaman yang salah karena penelitian menyatakan hal tersebut tidaklah benar. Harga cula yang sangat tinggi menjadi penyebab mengapa pemburu menggemari perburuan hewan ini.

Penurunan Badak Sumatera diperkirakan turun 50% dalam satu dasawarsa terakhir. Dibanding dengan jumlah individu badak yang sangat sedikit adalah penyebab akan terjadinya kepunahan badak. Ini juga berarti kita tidak dapat melihat badak lagi sepuluh sampai lima belas tahun kemudian di Indonesia bahkan dunia.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Kepunahan hewan-hewan langka sebelumnya seharusnya menjadi suatu pelajaran yang sangat penting bagi pemerintah untuk mencegah kepunahan hewan ini sejak dini. Bukan hanya pemerintah kita juga sebagai masyarakat seharusnya menjadi partisipan untuk keselamatan hewan langka terutama badak dengan menjadi sukarelawan untuk memberi pemikiran-pemikiran untuk kelangsungan hewan ini.

Hewan ini memiliki hak yang sama dengan kita untuk hidup di bumi. Habitat badak yang sudah ditetapkan di Ujung Kulon oleh indies society for protection of nature pada 1921 harusnya menjadi tempat yang benar-benar aman dan nyaman untuk si badak.

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Pemerintah harus tetap membiayai perawatan dan mencegah kerusakan hutan tempat badak tinggal, memperluas area yang sudah dirusak dan tetap membiarkannya hidup liar. Taman Ujung Kulon harus benar-benar bebas dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Apabila masih ada saja orang-orang yang melanggar, maka pemerintah harusnya menegakkan UU tahun 1990 no.5 yaitu pemburu badak harus dihukum seberat-beratnya.

Kepedulian semua kalangan harus digalakkan, hanya dengan tidak merusak kita sudah turut menjadi pencegah kepunahan badak. Tahun ini kebun binatang Ohio akan mengirimkan Badak Sumatera satu-satunya ke Indonesia.

Semoga dengan pengawinan ini populasi badak akan bertambah banyak. Sehingga generasi penerus bangsa Indonesia kelak dapat masih tetap mengenal badak. Hewan dengan bentuk fisik unik ini harus dipertahankan dan dicegah kepunahannya. (Cerita ini dikirim oleh Gracesilalahi20)

(Cerita ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya