Cosplay Karakter One Piece di Hari Jadi Komunitas OPD Bali

Komunitas OPD Bali.
Sumber :

VIVA.co.id – Memperingati hari jadi pertamanya, Komunitas Manga Jepang One Piece Dewata Bali atau Komunitas OPD Bali mengadakan kegiatan fellowship yang diadakan pada Sabtu, 12 Agustus 2017 kemarin, di Eternia Lounge and Café, Jalan Tukad Batanghari No 19A, Denpasar. Acara ini diikuti oleh anggota Komunitas OPD Bali yang total berjumlah 112 orang.

Pergilah Dinda Cintaku

Acara berlangsung di Lantai 2 Eternia Lounge and Café. Konsep acara ulang tahun Komunitas One Piece Dewata Bali yaitu Bbq Party, dan para anggota komunitas saling memanggang jagung bakar, sosis, dan bakso secara bergantian. Anggota Komunitas One Piece Dewata Bali tidak hanya berasal dari Kota Denpasar saja, namun ada yang berasal dari Kota Amalapura di Kabupaten Karangasem, Kota Tabanan. Bahkan, anggota terjauh berasal dari Kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Komunitas One Piece Dewata pertama kali digagas oleh Hendra A.S, seorang anggota satuan kepolisian yang sangat menggemari komik manga One Piece sejak ia duduk di bangku SD. Awalnya, komunitas ini hanya berjumlah tujuh orang di tahun 2016 dan melakukan agenda nongkrong bareng di salah satu angkringan di Pasar Sanglah, Denpasar. Lambat laun, dari mulut ke mulut dan melalui jejaring sosial media, akhirnya di tahun 2017 anggota Komunitas One Piece Dewata Bali semakin bertambah.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Basecamp awalnya berada di Angkringan Pasar Sanglah, tapi akhirnya hijrah ke Eternia Café and Lounge hingga saat ini. Dipilihnya Eternia Lounge and Café untuk basecamp Komunitas One Piece Dewata karena dekorasi dan menu makanan di kafe ini sesuai dengan identitas Komunitas One Piece Dewata.

Untuk menambah kemeriahan hari jadi yang pertama, juga diadakan kuis cerdas cermat seputar tokoh dan jalan cerita One Piece. Beberapa hadiah menarik disediakan seperti action figure tokoh-tokoh anggota Bajak Laut Topi Jerami Monkey D Luffy. Serta tiga buah merchandise kaos One Piece yang disediakan Bapak Deva, selaku pemilik Onigiri Distro One Piece. Selama ulang tahun, para anggota komunitas ini juga mendapatkan diskon 10 persen untuk all item pembelian food and beverages di Eternia Café and Lounge dari Bapak Raka Oka Diraka selaku pemilik.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

Para cosplayer (costum player) juga hadir di tengah-tengah hari jadi Komunitas One Piece Dewata yang pertama ini. Tokoh-tokoh karakter One Piece yang dibawakan malam itu ada Admiral Fujitora, Trafalgar Law, dan Kapten Monkey D Luffy. Tokoh-tokoh di manga One Piece ini pun menjadi rebutan untuk foto bersama oleh pengunjung Eternia Café and Lounge dan anggota Komunitas One Piece Dewata Bali tanpa dipungut biaya.

Para cosplayer rela merias wajah mereka sehingga menjadi mirip dengan tokoh-tokoh yang mereka inginkan. Menurut Antonia Eleonora Dewi Anjarsari, salah satu pengurus  Komunitas One Piece Dewata Bali mengatakan bahwa tujuan merayakan hari jadi Komunitas OPD Bali yang pertama adalah untuk memperkuat solidaritas dan mengajak para anggota komunitas untuk aktif di kegiatan yang dilakukan OPD Bali.

“Semoga di hari jadi Komunitas OPD pertama ini, solidaritas antar anggota menjadi semakin kuat. Dan tentunya saya berharap untuk ke depan seluruh anggota komunitas ini bisa ikut bergabung di kegiatan yang diadakan OPD Bali. Seperti nonton bareng, meet up, bila ada undangan dari komunitas lain, dan jalan-jalan bareng,” ungkapnya.

Sementara itu, AA Made Mario Putra, anggota Komunitas OPD Bali turut senang bisa menjadi bagian Komunitas OPD Bali. Selain karena bisa memiliki teman yang memiliki hobi yang sama juga bisa menambah jaringan. “Bangga banget bisa join di Komunitas OPD Bali, bisa memiliki banyak teman yang menyukai komik One Piece. Jadi, bisa nyambung bila ada diskusi di sosial media,” pungkasnya.

Acara hari jadi Komunitas OPD Bali pertama ditutup dengan pembuatan video ucapan hari jadi Komunitas OPD pertama dan ucapan ulang tahun untuk Komunitas One Piece Club Cianjur. (Tulisan ini dikirim oleh Herdian Armandhani, Denpasar, Bali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya