Puluhan Ribu Pelajar di Papua Warnai Burung Garuda Pancasila

Puluhan ribu pelajar di Papua mewarnai burung Garuda Pancasila.
Puluhan ribu pelajar di Papua mewarnai burung Garuda Pancasila.
Sumber :

VIVA – Bila tanggal 1 Desember biasanya aparat militer disibukkan dengan kegiatan untuk mengantisipasi kelompok-kelompok yang ingin memperingati hari ulang tahun Papua Merdeka, maka tahun ini berbeda. Aparat militer disibukkan dengan kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan generasi muda Papua.

Sebanyak 17.205 orang siswa-siswi tingkat PAUD, TK, SD dan SMP di berbagai wilayah di Provinsi Papua secara serentak turut ambil bagian dalam pencatatan rekor MURI dalam lomba mewarnai gambar lambang Burung Garuda yang diselenggarakan Kodam XVII/Cenderawasih, Jumat, 1 Desember 2017.

"Lomba mewarnai gambar lambang Burung Garuda tersebut diselenggarakan di berbagai wilayah di seluruh Kodim yang berada di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih," ujar Asterdam XVII Cenderawasih, Kolonel Kav. Edward Sitorus.

Ditambahkannya, kegiatan lomba ini merupakan bagian dari pemecahan rekor dunia Muri, yaitu mewarnai gambar lambang Burung Garuda dengan peserta siswa-siswi terbanyak. Puncak acara lomba ini, jelas Kolonel Edward Sitorus, akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2017. Kodim 1702/Jayawijaya akan melibatkan 5.000 siswa-siswi yang ada di Kabupaten Jayawijaya dan sekitarnya untuk ikut mewarnai Burung Garuda di Stadion Pendidikan Wamena.

"Dengan tambahan 5.000 orang peserta lomba mewarnai yang ada di Wamena, maka Kodam XVII/Cenderawasih akan mencatatkan diri dalam rekor dunia Muri, mewarnai gambar lambang Burung Garuda dengan total peserta terbanyak yang mencapai 22.205 orang," jelas Asterdam yang bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, pihak Kodam XVII/Cenderawasih berharap dapat memberikan nilai tambah bagi anak-anak untuk lebih meningkatkan motivasi belajar. Karena mereka perlu diberikan kegiatan yang menarik dan menyenangkan namun bernuansa pendidikan yang mengarah kepada peningkatan keterampilan.

"Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyambut bulan kasih, dimana umat Nasrani pada bulan Desember merayakan perayaan Natal. Dan berharap di bulan kasih ini, semua orang bisa merasakan kedamaian dan kasih yang tercermin dalam kehidupan pribadinya, lingkungan keluarga, sekolah, teman-teman dan lingkungan bermasyarakat sekitarnya," harap Kolonel Sitorus.