Sambut Tahun 2018, Warga Denpasar Padati Kawasan Denfest X

Denpasar Festival X.
Denpasar Festival X.
Sumber :

VIVA – Perayaan Denpasar Festival atau Denfest X kembali digelar dari 28 sampai 31 Desember 2017. Denpasar Festival merupakan festival yang diselenggarakan Pemerintah Kota Denpasar untuk menyambut pergantian tahun. Tahun ini, perayaan Denpasar Festival memasuki tahun yang ke sepuluh.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Denpasar Festival dipusatkan di Patung Catur Muka, Jalan Gajah Mada sampai Jalan Veteran, hingga Kawasan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan). Tema yang diangkat tahun ini adalah, Rawat Pustaka, Cipta Inovasi, dengan subtema Tresnaning Jagat Rahayu.

Makna Tresnaning Jagad Rahayu jika dilihat dari situasi bencana erupsi Gunung Agung yang masih berlangsung saat ini berarti bentuk kasih, kebersamaan, dan kepedulian antar sesama yang berakar pada Tat Twam Asi yang saling hormat dan saling bantu dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari sebagai sesama makhluk hidup.

Berbagai stan memenuhi sudut-sudut area Denpasar Festival X. Stan-stan kuliner membanjiri seputaran Jalan Gajah Mada dan Jalan Mayor Wisnu di depan Pura Jagadnatha. Kuliner yang disajikan di area Denpasar Festival rata-rata merupakan kuliner tradisional khas Bali yang begitu lezat.

Kita akan dimanjakan dengan kuliner babi guling, be genyol, lawar, sate babi, aneka rujak segar, ayam betutu, sosis bakar, es campur dan jajanan Bali. Sedangkan, stan makanan di depan Pura Jagadnatha rata-rata merupakan makanan dan jajanan yang bisa kita temui sehari-hari. Seperti kerak telor khas Jakarta, siomay, bakmi, jagung bakar, gulali dan jajanan khas masa kecil lainnya.

Stan industri UMKM saat berlangsungnya Denpasar Festival X dapat pengunjung temukan di sisi sebelah Jalan Veteran dan di dalam Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan). Bagi pengunjung yang mencintai dan hobi mengoleksi kain endek, bisa memanfaatkan untuk berbelanja di sini.

Motif kain endek yang dipamerkan di sana juga beragam dan begitu indah. Bila beruntung, pengunjung bisa mendapatkan harga khusus selama acara. Selain kain endek, terdapat juga aksesori seperti kalung, gelang, cincin, tas, dan sepatu.