Kreatif, Siswa Ini Menari Reog Pakai Papan Tulis

Menari Reog Pakai Papan Tulis
Sumber :
  • twitter/ryuhasan

VIVA – Reog adalah salah satu kesenian yang berasal dari Jawa Timur. Ponorogo dianggap sebagai kota yang melahirkan kesenian ini. Terbukti pada gerbang kota Ponorogo, terdapat hiasan Warok dan Gemblak, dua sosok yang selalu hadir saat pertunjukan reog.

Festival Imlek Bersama Bali 2023 Dimeriahkan Reog Ponorogo Hingga Kera Sakti

Reog dikenal dengan topeng besar yang dibawa oleh para penarinya. Kesenian asli Indonesia ini sangat dicintai di kota asalnya, tidak jarang dari penduduknya sudah mempelajari reog sejak kecil.

Namun, bagaimana jika seorang siswa harus menampilkan reog Ponorogo di depan kelas dengan perlengkapan minim? Ternyata siswa-siswa sekolah menengah yang tidak diketahui asalnya ini tahu bagaimana cara kreatif untuk mengakalinya.

Malaysia Sebut Tak akan Ajukan Reog Ponorogo ke UNESCO

Dalam unggahan @ryuhasan di Twitter, terlihat dua orang siswa tengah memperagakan kesenian reog. Siswa pertama memanggul papan tulis di pundak, sedangkan kepalanya ditutupi dengan tas. Sedangkan temannya yang lain memegang kain yang berfungsi sebagai pengganti cambuk.

Dalam video berdurasi 45 detik itu, sang penari mampu memperagakan tarian reog dengan cukup baik. Namun sayangnya, permainan mereka terpaksa berhenti karena salah satu siswa memberi tahu kalau ada guru yang datang. Sang siswa pun buru-buru merapikan kelas. Berikut videonya. (LUV)

Fakta Menarik Reog Ponorogo, Kesenian yang Bakal Diklaim Malaysia

Bupati Sugiri Sancoko dan Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana.

Putu DPR Harap Reog Ponorogo Secepatnya Disahkan Unesco Jadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia

Monumen Reog dan Meseum Peradaban di Ponorogo bisa jadi contoh budaya fundamen, modal dan simbol bagi negara untuk lestarikan warisan luhur budaya bangsa di era modern.

img_title
VIVA.co.id
25 Agustus 2023