Gedung DPR Diguncang Lindu, Fraksi Partai Nasdem: Ini BMKG yang Bikin Gempa

VIVA – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) diskors lantaran gempa berkekuatan 5,6 SR di Cianjur yang terasa hingga kawasan Jakarta. Wakil Ketua Komisi VII Fraksi Partai Nasdem Roberth Rouw yang sedang membacakan pembahasan rapat tiba-tiba terkejut karena gempa mendadak. Kemudian Roberth sempat berkelakar bahwa BMKG-lah yang membuat gempa karena saat itu Komisi V DPR sedang mengadakan rapat dengan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Dalam rapat tersebut, terdengar suara sayup Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang meminta kepada seluruh anggota untuk bersembunyi di bawah meja saat terjadi gempa. Roberth lantas merasa bahwa rapat perlu diskors. BMKG yang mengikuti rapat itu pun sepakat agar rapat untuk sementara diskors hingga situasi jauh lebih stabil.

Gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur Jawa Barat pukul 13.21 WIB, Senin 21 November 2022 itu juga terasa kuat di sejumlah wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok hingga Tangerang Selatan. Puluhan orang meninggal usai gempa kuat itu. Gempa tersebut diduga akibat pergerakan Sesar Cimandiri.