Perdagangan Saham

Turunnya Pengangguran di AS Bangkitkan Asia

VIVAnews - Indeks harga saham di sejumlah bursa utama Asia kembali bangkit pada perdagangan awal pekan ini. Para investor antusias dengan turunnya tingkat pengangguran di Amerika Serikat (AS) serta positifnya laporan sektor manufaktur di Jepang.

Pada akhir perdagangan Senin sore, 10 Agustus 2009, indeks Nikkei 225 di Tokyo naik 112,17 poin (1,1 persen) menjadi 10.524,26. Begitu pula dengan indeks Hang Seng di Hong Kong, naik 476,73 poin (2,3 persen) menjadi 20.852,10.

Kenaikan indeks juga melanda bursa di Australia, Taiwan dan Korea Selatan. Hanya di bursa Shanghai yang turun di tengah kekhawatiran melambatnya aliran likuiditas yang mempengaruhi ekonomi dan pasar di China.

Namun, para investor di Asia menyambut baik laporan dari Departemen Tenaga Kerja di AS Jumat pekan lalu. Tingkat pengangguran bulanan di AS diberitakan turun 0,1 persen menjadi 9,4 persen di bulan Juli - padahal para pengamat sudah memprediksi akan naik 0,1 persen.

Data itu menunjukkan tanda bahwa pasar kerja di Amerika mungkin mulai stabil. Bila tingkat pengangguran terus turun, para konsumen di AS akan kembali percaya diri untuk membelanjakan lebih banyak uang dan tidak lagi sekadar membeli kebutuhan pokok. Masalahnya, tingkat belanja konsumen mempengaruhi 70 persen dari aktivitas ekonomi di AS - ekonomi terbesar di dunia.

Sementara itu ekonomi terbesar kedua, Jepang, juga melaporkan kabar baik dengan naiknya jumlah order mesin baru di sektor manufaktur sebesar 9,7 persen di bulan Juni - lebih besar dari perkiraan yang hanya sebesar 3,1 persen. Data ini bisa menjadi indikator naik turunnya belanja korporat dan pada akhirnya berpengaruh bagi tingkat permintaan global.

"Trennya masih terus naik," kata Yoji Takeda, trader dari RBC Investment Management di Hong Kong. "Kita tengah melihat bukti membaiknya situasi, jadi menurut saya sentimen pada umumnya bersifat positif," lanjut Takeda. (AP) 
  

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah
Ilustrasi video mesum

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Sebuah video diduga warga binaan atau narapidana di sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) merekam adegan mesum bersama seorang perempuan di sebuah ruangan lapas. 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024