Jabal Uhud, Gunung Tertinggi dan Bersejarah di Madinah

Jabal Uhud
Jabal Uhud
Sumber :
  • vstory

VIVA – Jabal Uhud artinya adalah gunung yang menyendiri. Disebut demikian, karena tempat ini merupakan sebuah gunung yang tidak bersambung dengan gunung-gunung lainnya. Jabal Uhud juga merupakan gunung terbesar di Madinah yang membentang sepanjang 7 km dan lebar hampir 3 km. Gunung ini terbentuk dari batu granit merah sehingga terlihat sangat keras.

Berada sekitar 5 kilometer di utara kota Madinah, tempat satu ini memiliki ketinggian 1.077 meter sehingga menjadi gunung tertinggi di Madinah. Keistimewaan dari Jabal Uhud merupakan bukit yang juga ada di surga. Dalam Hadis HR Bukhari diriwayatkan, "Jika kita hendak melihat bukit yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Bukit Uhud. Nabi SAW bersabda, ‘Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga’,” 

Jabal Uhud merupakan saksi sejarah dalam peperangan besar antara pejuang Islam menghadapi kaum kafir Quraisy. Perang ini terjadi pada tanggal 15 Syawal tahun 3 Hijriyah atau sekitar bulan maret tahun 625 Masehi. Peristiwa bersejarah ini kemudian dikenal sebagai Perang Uhud. Ada sekitar 70 syuhada yang wafat, termasuk saudara sepersusuan Nabi Muhammad SAW yaitu Abdul Muthalib.

Dari Anas meriwayatkan, bahwa Nabi Muhammad pernah memandang ke Uhud sambil berkata, ”Sesungguhnya Uhud adalah gunung yang sangat mencintai kita, dan kita pun mencintainya,” .Setiap tahun, Nabi Muhammad SAW selalu berziarah ke Jabal Uhud.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.