Mengapa Hewan Harus Disembelih dengan Nama Allah?

Rusa
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Rasulullah berkurban dengan dua kambing yang bertanduk, beliau menyembelih kedua hewan tersebut dengan tangannya sendiri. Dan Rasulullah membaca Basmallah dan bertakbir, dan meletakkan kaki beliau di badannya (dekat leher). (Dari Anas bin Malik)

4 Cara Berburu yang Unik dari Berbagai Suku di Dunia

Hewan merupakan makhluk ciptaan Allah. Maka ketika akan disembelih, hewan tersebut harus disembelih atas seizin Allah. Dengan menyebut nama Allah berarti kita telah menghalalkan hewan tersebut sebagai hewan potong.

Ketika kita menyebut nama Allah, itu berarti kita dalam keadaan sadar dan ikhlas. Lain halnya jika kita tidak menyebut nama Allah. Bisa saja saat itu kita sedang dalam keadaan marah sehingga hewan yang kita potong bisa menjadi haram karena kita tidak memotong dengan cara yang benar.

Hewan yang Haram untuk Dimakan oleh 6 Agama di Indonesia

Menyembelih hewan merupakan cara untuk mendapatkan daging yang paling baik. Karena dengan menyembelih hewan berarti kita telah menghilangkan darah dari tubuh hewan sehingga ketika memakan dagingnya kita tidak akan khawatir akan memakan darah yang merupakan sumber dari segala macam penyakit.

Dengan menyembelih juga akan menghilangkan rasa sakit pada hewan yang disembelih. Ini bisa terjadi karena ketika kita menyembelih, maka oksigen yang dibawa darah ke otak akan terhenti karena terputusnya urat nadi pada leher. Sehingga otak tidak lagi merespons rasa sakit.

7 Hewan yang Disunnahkan untuk Dibunuh dengan Beberapa Alasan

Menyembelih hewan berarti memperlakukan hewan dengan manusiawi. Beda halnya ketika mematikan hewan dengan cara dipukul, maka jantung akan memompa oksigen melalui darah ke otak. Sehingga hewan akan merasa sangat sakit karena otak adalah pusat komando dari semua yang terjadi pada tubuh makhluk hidup.

Anjing laut

10 Suara Hewan Terseram di Dunia, Nomoor 1 Bikin Tercengang

Entah sudah atau belum pernah mendengarnya, namun nyatanya suara hewan terseram di dunia ini bikin kita geleng kepala.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.