Sebuah Catatan Orang Daerah, Mengejar Berkah Habaib di Jakarta

Memburu berkah habaib di Jakarta
Sumber :
  • vstory

VIVA - Lautan umat Islam memadati lorong-lorong jalan di Cidodol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, minggu lalu. Mereka kumpul sejak subuh. Bapak, ibu, anak-anak, remaja, pria, wanita kumpul bersatu dengan dominasi warna baju putih. Berbagai profesi hadir di sini. Dari pelajar, mahasiswa, pengusaha, tukang ojek, guru, hingga pejabat.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Yang hadir tak hanya dari ibu kota, Jabotabek, tapi juga dari luar. Lampung, Palembang, hingga Tegal. Bahkan dari luar negeri pun datang. Tak hanya itu, tamu undangan datang dari Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, dan dari Madinah, Arab Saudi.

Baik datang per orangan, keluarga, sahabat, maupun sejumlah majelis taklim. Mereka hadir demi acara Haul Syeikh Abu Bakar bin Salim yang digelar setiap tahun.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ali Alhadar dari Lampung dengan sengaja hadir ke acara ini. Dia tidak sendiri, tapi membawa anaknya Hafidz Alhadar yang juga sebagai mahasiswa untuk ikut acara haul.

"Semoga mendapatkan berkah dari para habaib," jelas Ali antusias yang diamini anaknya.

Alvin Lim Kecam Pendeta Gilbert Lumoindong yang Singgung Zakat dan Salat

Tak mudah bagi Ali dan Hafidz untuk merangsek ke panggung utama yang dipenuhi habaib.

Habib Umar bin Hafiz dari Yaman.

Habib Umar bin Hafiz dari Yaman.

Panggung yang terletak di depan Kediaman Rumah Al Habib Muhsin Al Hamid,
Kompleks Hankam, Cidodol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini dijejali lautan manusia dari berbagai lorong yang menuju ke sana.

Jemaah terus bergerak merapat. Bagi yang tak kuat, mereka rela duduk di lorong-lorong jalan dengan risiko dilangkahi oleh jemaah lain yang ingin merangsek ke dekat panggung kecil (stage).

Mereka rela berdesak-desak, berpanas-panas di sepanjang lorong dan jalan utama untuk mendapatkan berkah. Bahkan bagi yang ingin merapat dekat panggung habib, mereka sudah datang dinihari.

Di acara yang digelar kediaman habib Muhsin, Minggu, 22 September 2019 ini, mereka mendengarkan selawat, doa, pembacaan riwayat Abu Bakar bin Salim. Tak hanya itu, ceramah pun disampaikan di sini oleh para habaib saling bergantian.

Di antaranya disampaikan oleh habib Salim Segaf Al Jufri, habib Muksin Alhamid, habib Novel bin Jindan, habib Alwi AlHamid, habib Muhammad, habib Ali. Yang istimewa hadir habib Umar bin Hafiz dari Yaman.

Para jemaah pengajian mendengarkan ceramah dengan khidmat hingga siang hari dengan terpapar panasnya matahari.

Lautan umat Islam  memadati jalan-jalan di Cidodol, Keboyaran Lama, Jakarta Selatan.

Lautan umat Islam memadati jalan-jalan di Cidodol, Keboyaran Lama, Jakarta Selatan.

Mereka tak sekadar mendengarkan isi ceramah. Tapi mereka ingin mendapatkan berkah dari para habaib, keturunan dari Nabi Muhammad SAW ini.

Mereka yang ingin berkah berduyun-duyun dari berbagai lapisan masyarakat umat Islam termasuk dari para jamaah keturunan dari Nabi Muhammad SAW itu sendiri. Mereka meyakini kehadiran habaib membuat dirinya lebih dekat lagi dengan Baginda Rasulullah dan Allah SWT. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.