5 Hal yang Membuat Kita Sulit Menghafal Alquran

Setoran Hafalan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebenarnya, menghafal Alquran dan mengamalkan isinya merupakan tujuan hidup kita, bisa dikatakan sebagai agenda terpenting dalam hidup.

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf

Hanya saja, sangat disayangkan tanpa disadari kita perlahan telah meninggalkan Alquran. Bahkan kita hanya membacanya ketika ada acara-acara seremonial atau di bulan Ramadhan saja. Allah berfirman :

“Berkatalah Rasul, “Ya Rabb, sesungguhnya kaumku menjadikan Alquran ini sesuatu yang ditinggalkan”. (Al-Furqan :30)

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Padahal sejatinya Alquran adalah petunjuk dan sumber ilmu. Allah berfirman :

Sesungguhnya, Alquran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus” (Al-Isra: 9)

Jemaah Indonesia akan Dapat Smart Card dari Arab Saudi, Apa Fungsinya?

Sebelum jauh melangkah tentang tips menghafal Alquran dengan mudah. Ada hal yang harus kita pertanyakan pada diri sendiri yaitu “Mengapa sampai detik ini kita belum juga menghafal Alquran?

Padahal Allah sudah yakinkan kita dalam Firman-Nya bahwa menghafal bukan perihal yang sulit. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Dan sungguh, telah Kami mudahkan Alquran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?"
(QS. Al-Qamar 54: Ayat 17)

Lantas apa yang sampai sekarang membuat kita masih merasa sulit menghafal Alquran? Sebetulnya semua ini berawal dari Mindset, Pengoptimalan usaha kita dalam menghafal (Ikhtiar) dan doa.

Berikut adalah beberapa hal yang membuat kita sulit menghafal Alquran.

1. Niat menghafal bukan karena Allah
Niat pertama yang harus dihadirkan adalah ikhlas karena Allah Ta'ala. Apabila niatnya karena Allah (Lillahi Ta'ala) maka In Syaa Allah akan dimudahkan dalam menghafal dan mempelajari Alquran.

2. Banyak melakukan dosa dan melakukan maksiat
Imam Syafi'i pernah berkata : Aku pernah mengadukan kepada Waki' tentang jeleknya hapalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan kepadaku bahwa Ilmu adalah cahaya dari Allah dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat (l’anatuth Tholibin 2,190)

3. Tidak menjadikan Alquran sebagai prioritas
Tidak akan bisa menghafal Alquran secara sempurna jika tidak menjadikan Alquran prioritas dalam hidup.

Tidak akan bisa menghafal Alquan selama-lamanya, jika Alquran tidak dijadikan poros hidup dan pusat amal di kehidupan.

4. Pesimis atau tidak yakin akan kemampuanya dalam menghafal
Sifat pesimis adalah sifat yang mengarahkan orang untuk tidak siap karena merasa tidak mampu, kurang percaya diri dan meragukan kemampuan dalam dirinya.

5. Tidak Fokus
Banyak para ulama memberi nasihat ketika hendak menghafal Alquran agar fokus dan menghilangkan pikiran-pikiran yang menggangu

Inilah hal yang membuat kita sulit menghafal Alquran, ya jadi ini tentang niat dan mindset kita terhadap Alquran. mudah-mudahan tulisan ini dapat menambah semangat dan kembali meluruskan niat kita semua tentang untuk apa menghafal Kalam Allah ini.

Setelah 5 hal ini, In Syaa Allah di postingan selanjutnya akan membahas tips dan cara menghafal Al Quran. Mudah-mudahan kita semua senantiasa diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.