Berikut Sederet Surat Istimewa dalam Alquran

Ilustrasi membaca Al - Qur'an (foto/detikNews).
Sumber :
  • vstory

VIVA - Bagi kaum muslim, Alquran adalah pedoman hidup. Terdapat 30 juz dan 114 surat dalam Alquran. Kitab suci terakhir umat Islam ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Ayat Alquran pertama kali turun pada tanggal 17 Ramadhan. Hari tersebut kita peringati sebagai Nuzulul Quran. Prosesnya dilakukan secara berangsur selama 22 tahun, 2 bulan serta 22 hari.

Dilansir dari berbagai sumber, Alquran mengandung ajaran, hukum, petunjuk serta hikmah yang bisa mengarahkan kehidupan muslim. Selain itu, ada berbagai keutamaan dalam setiap surat yang kita baca. Ada beberapa surat dari 114 surat dalam Alquran yang perlu kita ketahui keistimewaannya. Melansir berbagai sumber, yuk simak ulasannya sebagai berikut!

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

1. Surat Al-Mulk (surat ke-67)

Tahukah anda bahwa membaca surat Al Mulk setiap malam bisa menghindarkan kita dari siksa kubur? Inilah yang diriwayatkan oleh an Nasa’i.

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Barang siapa membaca “Tabaraokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “Al-Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka dia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim).

Jika Parents dan keluarga ingin terhindar dari siksa kubur yang menyeramkan, maka mulailah membaca surat yang ada pada juz 29 ini setiap malam atau menjelang tidur.

2. Surat Al-Waqiah (surat ke-56)

Surat Al-Waqiah terdiri dari 69 ayat dan tergolong dalam surat Makkiyah. Al-Waqi'ah menceritakan tentang bagaimana hari kiamat tersebut akan terjadi dan juga balasan bagi orang mukmin dan orang kafir.

Selain menceritakan hari kiamat, surat Al-Waqiah juga menerangkan tentang penciptaan manusia, api dan juga segala jenis tumbuhan.

Surat Al-Waqi'ah dikenal memiliki banyak keutamaan yaitu menghindarkan kita dari sikap lalai, menjauhkan diri dari kefakiran, serta menjaga kita dari kemiskinan. Allah akan menjaga kita dari berbagai kemiskinan, kemelaratan serta kesusahan. Dengan membaca surat ini secara rutin, maka segala kesulitan kita akan hilang.

3. Surat Ar-Rahman (surat ke-55)

Ar-Rahman menjelaskan tentang kehidupan surga dan neraka. Surat Ar-Rahman juga menunjukkan segala kenikmatan yang bisa didapatkan oleh manusia.

Surat yang ada pada juz 27 ini membuat kita senantiasa bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Allah. Jika kita membacanya, insya Allah akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat, serta diridhoi oleh Allah atas nikmat apapun yang diberikan untuk kita. 

Jika seorang muslim meninggal dalam kondisi membaca surat ini maka maka dia meninggal dalam kondisi syahid. Inilah yang diajarkan Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ja’far.

4. Surat Yasin (surat ke-36)

Surat Yasin mengandung banyak fadhilah atau keutamaan. Beberapa keutamaannya antara lain diampuni oleh Allah SWT dosa-dosanya, segala urusan yang dipermudah berbagai urusannya, dan keinginan yang dikabulkan.

Barang siapa yang rutin membaca surat Yasin insya Allah sakaratul mautnya akan dipermudah, dianggap mati syahid, terhindar dari siksa kubur hingga mendapatkan pengampunan dari Allah. Wah, banyak sekali ya, keutamaan Surat Yasin. 

5. Surat Al-Kahfi

Al-Kahfi artinya gua, surat ini memiliki 110 ayat. Surat Al-Kahfi mengisahkan tujuh orang pemuda yang bersembunyi dalam gua untuk berlindung.

Sangat dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi setiap Kamis atau malam jumat. Dengan membaca surat ini, insya Allah kita bisa terjaga dari fitnah dajjal. Selain itu, rumah kita dilindungi dari berbagai gangguan serta mendapatkan cahaya (petunjuk) sejauh kita dengan ka’bah serta menerangi kita saat hari kiamat.

6. Surat Ad Dukhaan

Surat yang memiliki arti Kabut ini termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah 56 atau 57 atau 59 ayat, kecuali ayat 15 yang termasuk ke dalam surat Madaniyyah. Ini merupakan salah satu surat yang istimewa dan banyak sekali keutamaannya, terlebih jika dibaca pada malam Jumat. 

Umat Muslim yang membaca surat ini setiap malam Jumat, maka dosanya akan diampuni dan Allah akan senantiasa membangunkan satu rumah di surga-Nya. 

Dari Abu Harairah ia berkata, Rasulullah bersabda:

"Barang siapa yang membaca HAA MIIM (surat) Ad Dukhaan pada malam Jumat, maka dosa-dosanya akan diampuni." (HR Thrimidzi no. 2814).

7. Surat Al-Ikhlas

Surat pendek ini juga memiliki banyak keutamaan ketika dibaca, terlebih jika dibarengi dengan membaca dua surat pendek lainnya seperti Al-Falaq dan An-Naas. Keutamaan surat pendek ini juga disebutkan dalam sabda Rasulullah:

"Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas waktu ia sakit lalu meninggal, maka ia tidak akan membusuk di dalam kuburnya. Ia akan selamat dari kesempitan kubur, dan malaikat akan membawanya menuju surga."

"Bacalah surat Al-Ikhlas serta surat Al-Mu'awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) pada waktu pagi dan petang hari sebanyak tiga kali, maka kamu akan dilindungi dari segala gangguan." (Shahih Tirmidzi no. 2897 dengan sanad hasan gharib).

Pada dasarnya, seluruh surat dalam Alquran sangat istimewa. Ketujuh surat ini hanya sebagian kecilnya saja. Jadi, jika kita ingin selamat dunia akhirat dan mendapatkan banyak keutamaan, jangan lupa membaca Alquran  dengan istiqomah. Sebaiknya pula, Alquran dibaca setiap hari dari semua surat. Jadi, tidak terpaku pada surat tertentu saja. (Aldo Marantika, Pandeglang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.