Lama Tinggal di Kanada, Legenda Bulutangkis Ini Bangga Jadi Orang Indonesia

Ardy B. Wiranata
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sudah lama tinggal di Kanada, legenda bulutangkis putra Indonesia, Ardy B. Wiranata masih mengaku berasal dari Indonesia. B. Wiranata diketahui telah memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat setelah menggantung raket pada tahun 1998 sebelum akhirnya menetap di Kanada selama 14 tahun. Dan pada tahun 2014, akhirnya ia mengubah status kewarganegaraannya menjadi warga negara Kanada.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Belasan tahun menetap di Kanada dan hampir tidak punya waktu untuk kembali ke Indonesia nyatanya tidak membuat Ardy B. Wiranata ragu untuk menyebut dirinya orang Indonesia. "Bagi saya, saya masih orang Indonesia. Hanya kondisi yang membuat saya pindah dan tinggal di sini. Dengan pindah, saya tidak akan kesulitan jika ingin bepergian dan mendapatkan perawatan kesehatan," katanya.

"Jika saya bukan warga negara Kanada, akan sulit bagi saya untuk tinggal di sini. Tapi, jika saya, Lisa (istrinya), dan Shawn ditanya maka akan menjawab masih dari Indonesia," tambah Ardy.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Ardy B. Wiranata adalah salah satu pebulutangkis pria yang sangat andal di zamannya. Dia juga menyumbangkan berbagai gelar ke tanah air tercintanya seperti Piala Thomas dan berbagai gelar turnamen seri super lainnya.

Ilustrasi Maggot (Courtesy: mongabay.co.id)

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Maggot BSF mempunyai biomassa protein dan lemak tinggi. Protein yang bersumber dari maggot BSF lebih ekonomis, ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.