Serunya Panen Ikan di Kampung

Panan di kampung.
Sumber :
  • vstory
All You Need to Know about Nyepi Day Celebration

VIVA – Panen ikan di kampung khususnya di tatar sunda terasa lebih seru. Dalam bahasa Sunda panen ikan sering disebut ngabedahkeun balong. Biasanya momen ini sangat dinantikan oleh anggota keluarga khususnya anak-anak.

Seperti yang terjadi di daerah saya. Keluarga kami tinggal di Kelurahan Sindangrasa Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Di daerah kami apabila ada keluarga yang ngabedahkeun balong, bukan hanya keluarga yang bersangkutan, tetapi tetangga pun ikut ramai dan bersiap mendekati kolam ikan yang akan dipanen.

Disambut Hangat Pecinta Film Horor Indonesia, Film Pemukiman Setan Menjadi Horor Aksi Terbaik

Sejak pagi anak-anak kami sudah tidak sabar untuk segera pergi ke kolam ikan dan turun ke air. Tentu saja mereka ingin main air bergembira ria. Sedangkan hari terlalu pagi untuk turun ke air, anak-anak bisa kedinginan. Tetapi namanya juga anak-anak, mereka tak peduli.

Benar saja, anak-anak begitu senang turun ke kolam ikan, ikut menangkap ikan dan mengumpulkannya di tempat yang disediakan oleh kakeknya. Berbagai ikan di tanam di kolam ini kami sekitar 4 bulan yang lalu. Sehingga sudah layak untuk di panen.

40 Percent Entertainment Tax Rule Cancelled, Indonesian Minister Ensures

Setelah sekian lama, akhirnya selesainya ikan-ikan dikumpulkan. Ikan-ikan yang sudah besar ini dipisahkan sesuai jenisnya. Satu wadah berisi hanya ikan mujair saja, wadah yang lain berisi ikan tertentu saja.

Setelah ditimbang ikan-ikan itu diberikan kepada tetangga yang sudah dari pagi memesan. Ikan tersebut ada yang untuk dimakan, ada juga untuk ditanam kembali di kolam ikan masing-masing.

Teuku Ryan.

Pernah Jadi Model di 2009, Terkuak Alasan Teuku Ryan Dulu Mundur dari Entertainment

Teuku Ryan ternyata sempat berkarier di dunia entertainment dengan menjadi model majalah remaja pada 2009 silam. Saat itu, Ryan masih sekolah di bangku SMP.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.