Fotografi Produk dengan Hasil Terbaik

Studio foto
Sumber :
  • vstory

VIVA – Foto produk merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Bagi kamu yang menkajalankan bisnis online shop, kamu perlu mempelajari fotografi produk untuk menghasilkan foto produk yang membuat orang tertarik.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Jangan asal menjepret, lalu mengunggahnya di website toko online dan akun media sosial toko online kamu, tapi perhatikan baik-baik cara memotretnya. Jika kamu masih belum menguasai teknik fotografi produk, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Berikut ada beberapa tips fotografi untuk menghasilkan foto produk terbaik:

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

1. Kamera Berkualitas
Gunakan kamera yang berkualitas seperti DSLR atau mirrorless yang bagus. Tetapi jika dana terbatas, memakai kamera ponsel juga tidak masalah, asalkan gambarnya tidak blur dan detail produk bisa terlihat dengan baik.

2. Sumber Cahaya yang Baik
Yang paling utama dari fotografi yaitu pencahayaan. Sumber cahaya sangat mempengaruhi hasil foto. Cahaya yang terlalu terang atau pun terlalu gelap akan mengaburkan warna dan detail produk. Tanpa sumber cahaya yang baik, sebagus apapun subjek dan lokasi foto, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Kamu bisa menggunakan sumber cahaya dari matahari atau lampu. Tapi, pastikan cahayanya tidak berlebihan, karena dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat dan highlight yang sangat terang.

3. Latar Belakang Putih
Gunakanlah latar belakang foto yang satu warna. Kebanyakan fotografer menggunakan warna putih, sebab putih merupakan warna yang netral dan tidak mengganggu perhatian. Produk akan menjadi fokus utama. Foto juga akan lebih mudah diedit.

4. Menggunakan Model
Gunakan model untuk mendemonstrasikan produk. Tetapi sebaiknya, hanya produk yang dipakai saja seperti sepatu. Ini akan memberi gambaran jelas calon pembeli bagaimana sepatunya saat dipakai.

5. Sudut Pengambilan Gambar
Sudut pengambilan gambar akan mempengaruhi hasil tampilan produk. Dengan sudut pengambilan foto yang pas setiap produk bisa berbeda. Misalnya, produk sweater lebih baik difoto dari depan, sedangkan produk makanan lebih baik dari atas. Jika perlu, kamu bisa sekaligus mengambil beberapa foto dari berbagai angle untuk menunjukkan detail penampakan produk dari berbagai sisi.

6. Edit Foto
Untuk menyempurnakan sebuah foto produk, maka akan dilakukan proses edit menggunakan program aplikasi edit foto. Atur foto produk agar terlihat natural walaupun telah diedit. Tambahkan watermark supaya orang lain tidak bisa menggunakan foto kamu seenaknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.