Alwin Jalliyani, Mahasiswa Unpad Pengusaha Konveksi Baju

Alwin Jalliyani, mahasiswa Unpad pemilik usaha Toptopi. (Sumber:Instagram @alwinjalliyani)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tidak semua remaja bisa sukses menjadi pembisnis muda dan Khotmannuba Alwin Jalliyani (20) adalah salah satunya. Ia mulai berkecimpung di dunia bisnis sejak ia masih sekolah di tingkat sekolah dasar. Dimulai dengan berjualan tempat pensil custom dan jualan alat sulap yang saat itu sedang ia sukai. Dari hasil bisnis kecilnya ini,  ia berhasil mendapatkan tambahan uang jajan. Saat ini iamemiliki usaha konveksi yang sudah menjual hampir 1500 barang sejak ia memulai bisnisnya.

Tingkatkan Angkatan Kerja yang Kompeten, Kemnaker Komitmen Hadirkan Pelatihan Vokasi Berkualitas

Trend Bisnis Topi

Saat ini, Alwin sebagai mahasiswa Jurnalistik di Universitas Padjajaran, ia tetap menjalankan bisnisnya meskipun sambil kuliah. Semua bisnis yang ia jalani selalu sesuatu yang ia minati agar tetap happy menjalaninya. Salah satu bisnis yang sedang ia kembangkan adalah Toptopi sejak tahun 2015 dengan slogan “topinya orang Indonesia”. Bisnis ini dimulai pada kegemaran Alwin pada trend topi custom di tahun itu. Dari bisnis dan hobi ini, ia  berhasil menjual  300 topi custom per minggu.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Namun di tahun 2017, trend topi custom mulai menurun, usaha Alwin tidak berhenti sampai disitu. Dirinya berpikir untuk memperluas bisnisnya tidak hanya di pembuatan topi. Sampai suatu hari ia mendapatkan peluang untuk membuat jaket angkatan, dan ternyata hal itulah yang membuat Toptopi kembali bersinar namanya dan Alwin mulai mengembangkan usahanya di bidang konveksi. Sampai saat ini, Toptopi melayani pembuatan baju panitia, organisasi, jaket sampai ke totebag hingga ke merchandise. 

Setelah sukses menjual Toptopi sampai ke luar pulau Jawa, kini harapannya agar Toptopi semakin  melebarkan sayap ke pasar yang lebih luas agar pendapatan pun bertambah. Untuk mencapai harapannya, Alwin memulai dengan membangun sebuah tim untuk membantu membesarkan nama Toptopi, sehingga usaha ini tidak hanya berpusat pada dirinya saja. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa kalau ingin berjalan cepat lakukanlah sendiri, kalau mau jalan jauh lakukan dengan bersama. Pepatah ini yang menggambarkan orientasi Toptopi sekarang yaitu ingin terus jalan jarak jauh.

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Pada tahun 2020, Alwin bersama Toptopi mendapatkan penghargaan Unpad Award di Bidang Wirausaha terbaik. Dirinya juga pernah mendapatkan apresiasi sebagai pengusaha muda di Instagram Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Alwin juga pernah menjadi pembicara pada acara “Wekraf 3.0” yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Padjajaran  untuk bercerita mengenai pengalaman bisnisnya.

Penulis Lepas & Aktif Berorganisasi

Setiap usaha yang dimulai oleh Alwin selalu ia jalankan dengan fokus, tenang dan tanpa beban. Sesuai dengan pandangan hidupnya, ia tidak mau memberikan usaha yang setengah-setengah, Alwin selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik dari setiap langkah atau kegiatan yang didapatkanya.

“Ada sih kalimat yang selalu membuat aku terngiang-ngiang yaitu, berikan aku panggung dan tak akan ku beri tanggung. Kalimat ini menjadikan aku termotivasi bahwa setiap langkah, amanah dan kepercayaan harus dibayar dengan totalitas,” ujar Alwin

Meskipun Alwin mengambil jurusan kuliah yang berbeda dengan apa yang ia lakukan sekarang, di waktu lowongnya Alwin menulis beberapa artikel di media online seperti Kumparan, Kompas Muda dan Indonesia. Hal ini yang membuat Alwin tidak lepas dari dunia jurnalistiknya.

Alwin mengatakan bahwa usahanya di bidang bisnis akan menjadi pendamping ia terus, sambil ia menjalani karir profesionalnya di bidang jurnalistik. Ia ingin mengembangkan kemampuannya yang ia dapatkan dari kuliahnya di Jurnalistik

Tidak lepas dari dunia perkuliahan, Alwin juga aktif berorganisasi di kampus. Sekarang ia menjabat sebagai ketua Himpunan Jurnalistik Unpad periode 2020. Meskipun aktif berorganisasi dan mengurus bisnisnya, Alwin berusaha mengoptimalkan waktu dengan membuat skala prioritas atau penjadwalan rinci pada kesibukannya.  

Alwin mengatakan bahwa dirinya seperti air, karena air bersifat fleksibel dan menyesuaikan wadah. Dimana dirinya selalu dapat bersosialisasi dengan mudah di tempat baru, dan selalu memikirkan peluang usaha apapun di tempat baru ia berada. Karena prinsip air juga yaitu tahan banting dan tidak berubah wujud, Alwin ingin dirinya selalu tahan di setiap cobaan dan selalu tertantang dengan dunia baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.