Tim KKN UM Gelar Pelatihan Desain di Era Pandemi Covid-19

Foto bersama Penanggungjawab Proker dengan perwakilan Karang Taruna Adinata Banjarejo.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pada tanggal 19 Juli 2021, tim pengabdian kepada masyarakat Banjarejo mengadakan pelatihan desain grafis secara daring berupa simbolis penyerahan buku panduan dan tautan video tutorial yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Mobil Konsep Ini Bikin Penumpang Berasa di Kamar Hotel

Penyerahan ini dilakukan di Balai Desa Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buku panduan dan tautan video diserahkan kepada Vera selaku Sekretaris Karang Taruna Adinata. Menurutnya, dengan adanya pelatihan ini sangat membantu kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Karang Taruna di tengah pandemi Covid-19.

Penanggungjawab kegiatan, Arindita Putri dan Dewi Khajar Fitriana mengatakan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan karena kurangnya keterampilan pemuda-pemudi Desa Banjarejo dalam hal desain grafis.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan desain grafis akan meningkatkan potensi dan kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM) Desa Banjarejo, khususnya pemuda-pemudi Karang Taruna Adinata.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan memberikan bekal bagi pemuda pemudi Karang Taruna Adinata berupa pengetahuan dan keterampilan desain grafis. Selain itu, dapat meningkatkan berpikir kreatif dan inovatif bagi pemuda-pemudi Karang Taruna Adinata serta menjadikan Karang Taruna Adinata aktif berkontribusi dalam pembangunan desa.

Metamorfosa Hingga Runway of Unity, Semarakkan Panggung IFW Hari Kedua

Buku panduan yang diberikan membahas tentang pengenalan tools program CorelDRAW X6, tutorial pembuatan desain kartu nama, tutorial pembuatan desain pamflet, dan tutorial pembuatan desain banner.

Sedangkan video tutorial yang diberikan meliputi instalasi program, pembuatan desain kartu nama, pembuatan desain pamflet lomba, dan pembuatan desain banner idul adha. Buku panduan dan tautan video tutorial yang diberikan tersebut merupakan hasil dari pengalaman penulis sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi Karang Taruna Adinata.

Pemateri menyampaikan bahwa ahli desainer menggunakan program CorelDRAW haruslah rajin berlatih dan sering melihat contoh-contoh desain di internet agar dapat menumbuhkan kreativitas pada diri sendiri. Selain itu, dengan menguasai desain grafis maka dapat menjawab peluang tantangan ke depan menjadi seorang tenaga kerja desainer grafis yang dibutuhkan dalam era digital saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.