Rahasia Besar Saku Kecil di Celana Jeans

Apabila diteliti lebih seksama ada bagian saku dari celana jean yang di dalamnya ada saku kecil. Mungkin mayoritas dari kita menduga bahwa saku kecil ini hanya hiasan belaka tidak ada maksud tertentu. Ternyata saku kecil nan mungil ini mempunyai kisah yan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Celana jeans merupakan salah satu celana favorite tidak hanya baik pria, tapi juga bagi kaum hawa. Bahannya yang tebal, kuat, dan menarik menjadikan celana ini banyak digandungi.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Apabila diteliti lebih seksama ada bagian saku dari celana jean yang di dalamnya ada saku kecil. Mungkin mayoritas dari kita menduga bahwa saku kecil ini hanya hiasan belaka tidak ada maksud tertentu. Ternyata saku kecil nan mungil ini mempunyai kisah yang menakjubkan.

Ternyata celana jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia tahun 1560-an. Pada awalnya jeans ini biasa dipakai oleh angkatan laut. Celana ini oleh orang Prancis disebut dengan bleu de Genes yang artinya biru Genoa. Oleh orang Indonesia sering disebut blue jeans.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Walaupun awalnya diproduksi dan dipakai di Eropa, tetapi jeans ini dipopulerkan di Amerika Serikat oleh orang yang bernama Levi Strauss. Bang Strauss ini datang berdagang pakaian ke kota California yang sedang dilanda demam emas.

Semua pakaiannya habis terjual kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Bang Levi sungguh kreatif, lalu kain kanvas ini dibuat menjadi beberapa celana dan dijual ke para pekerja tambang emas. Ternyata para penambang emas menyukainya, karena kuat alias tidak mudah rusak.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Para penambang sangat menyukai jeans ini dan menjadikannya sebagai celana resmi. Para penambang emas itu menyebut celana tersebut dengan julukan celana si Levi. Nah, julukan ini yang mengawali merk dagang pertama celana jeans di dunia.

Strauss memang bernaluri sebagai pebisnis ulung. Bang Levi mengajak pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerjasama. Maka lahirnya produk desain pertama yang diberi nama Levis 501.

Celana ini memiliki 5 saku; 2 saku di belakang dan 2 saku di depan, serta 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan.

Saku unik, imut dan lucu ini dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas dari para penambang. Nah, saku kecil ini sampai sekarang masih ada, padahal pengguna jeans di dunia bukan lagi hanya para penambang emas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.