Potret Lawas Ruang Bersalin Tahun 1910, Netizen Salfok

Foto lawas ruang bersalin
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ruang Bersalin merupakan wadah pelayanan masyarakat yang berperan sebagai tempat kegiatan dan tindakan di bidang kesehatan khususnya kebidanan.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Ruang Bersalin terdiri dari 5 ruangan yaitu ruang Fisiologis, ruang Potologis, ruang Tindakan, ruang OHDU (mesin rencana), ruang Isolasi, ditunjangi alat kesehatan seperti, CTG, USG, EKG, INFANT WARMER, INCUBATOR bayi, dan dilengkapi SDM, Bidan 16 orang, dokter spesialis 2 orang

Akun Instagram @perfectlifeid membagikan potret lawas ruang bersalin pada tahun 1910. Foto hitam putih tersebut diketahui diabadikan di Semarang, Jawa Tengah.

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 Resmi Digelar, 300 Desainer Bakal Angkat Budaya Betawi

"Bidan dan perawat saat merawat pasien di rumah sakit di Semarang, Jawa Tengah tahun 1910," tulis @perfectlifeid pada captionnya.

Dalam foto tersebut, terlihat seorang wanita berbaring di atas ranjang dan dikelilingi sejumlah bidan dan perawat. Tidak ada inkubator atau ventilator di ruangan tersebut.

Mengembangkan Potensi: PNM Berikan Studi Banding Anyaman Bagi Ketua Kelompok Unggulan Mekaar

Seorang perawat bahkan terlihat memegang diduga cairan infus pasien. Minimnya fasilitas kala itu membuat banyak netizen yang merasa bersyukur hidup di zaman sekarang.

Netizen juga menyoroti sosok perawat di dalam foto tersebut karena memiliki penampilan yang sama sehingga mereka terlihat sangat mirip seperti kembar.

"Muka bidan nya sama semua," kata @and28pras.

"Jaman dulu layanan bidan dan dokter kandungan masih langka, dulu jaman belanda rata rata persalinan dilakukan dukun beranak," kata @prabowodjojominarso.

"Gak kebayang di tahun segitu, jaman belum canggih, belum ada inkubator, ventilator.. ga kebayang kalo ada bayi prematur lahir," kata @tanyadokteranak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.