Sering Lelah Usai Bekerja? Hati-hati, Penyakit Ini Siap Intai Anda

Lelah bekerja.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari memang boleh-boleh saja. Tapi, jika kualitas Anda bekerja bisa menguras energi dan kesehatan Anda, itu baru tidak boleh. Bekerja seharian boleh, asal kita bisa menakar energi pada tubuh.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Hal tersebut lantaran, tubuh manusia tidak mungkin bekerja non-stop selama seharian penuh. Nah, kalau ada orang yang memaksakan bekerja seharian dengan istirahat sangat minim, itu harus diwaspadai. Karena, selain buruk bagi produktivitas pekerjaanmu keesokan harinya, hal ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Sadarkah Anda, ada beberapa jenis penyakit yang tanpa disadari sering muncul karena Anda lelah bekerja? Ya, ternyata ada risiko buruk pada tubuh jika Anda sering merasa lelah bekerja. Anda siap-siap bisa diintai oleh penyakit yang cukup berbahaya, bahkan jika tidak segera diatasi bisa berisiko fatal pada nyawa Anda.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

1. Gangguan kelenjar tiroid 

Yang pertama dan wajib diwaspadai adanya gangguan kelenjar tiroid. Di mana, penyakit ini sering kali muncul ketika penderita sering merasa kelelahan. Bagi yang belum tahu, tiroid merupakan kelenjar kecil dan terletak di pangkal leher untuk mengatur hampir semua hal di tubuh.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Seperti mengatur tingkat energi dan juga fungsi kekebalan pada tubuh. Nah, kalau tubuh sudah mengalami kelelahan yang sangat berlebihan, hati-hati kelenjar tiroid bisa menjadi kurang aktif. Tidak hanya itu, kelenjar tiroid juga gagal untuk mengeluarkan hormon ke dalam aliran darah. Dan parahnya lagi, metabolisme seseorang menjadi lebih lambat.

2. Serangan jantung tiba-tiba 

Penyakit yang kedua ini benar-benar terjadi tanpa permisi lebih dulu. Jika Anda sering merasa lelah seusai bekerja, hati-hati Anda bisa terserang penyakit jantung secara tiba-tiba.

Ini kerap kita temui di kehidupan sehari-hari pada orang yang awalnya tidak ada riwayat jantung sama sekali. Serangan jantung bisa muncul saat kelelahan lantaran adrenalin meningkat saat bekerja keras. Dan itu berakibat denyut jantung menjadi lebih cepat dari biasanya. Jadi disarankan dalam bekerja tidak perlu berlebihan yaa.

3. Sakit kepala

Sakit kepala bisa muncul karena saraf-saraf mata terlalu tegang melihat angka dan tulisan yang terlalu banyak. Alhasil, sakit kepala akan muncul secara tiba-tiba dan tidak akan hilang kalau si penderita tak memutuskan untuk beristirahat.

Pasti kalian enggak mau kan seperti ini? Jadi, apabila mulai merasakan migrain, coba hentikan pekerjaan sejenak. Pejamkan mata lalu kompres dalam waktu beberapa menit.


4. Masalah pada kulit

Capek yang ditambah dengan stres, ternyata berpengaruh juga kepada kesehatan kulit. Ternyata, lelah dan stres dapat meningkatkan produksi hormon, yang bisa berakibat buruk bagi kulit. Sehingga, kulit kita yang awalnya mulus-mulus aja seperti jalan tol, tiba-tiba bisa menjadi penuh minyak.

Anda tahu sendiri bukan, jika kulit kelebihan minyak bisa berdampak buruk pada diri Anda sendiri? Di mana, kulit akan lebih mudah muncul jerawat, gatal-gatal, psoriasis dan masalah kulit serius lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.