Kenali Penyakit Hepatitis Akut

Ilustrasi penderita hepatitis akut.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sekalipun tidak berbahaya seperti penyakit lainnya, penyakit hepatitis tidak boleh dianggap penyakit enteng. Pasalnya, penyakit hepatitis bisa membahayakan bila tidak segera diatasi dan bisa berkembang menjadi hepatitis akut.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Hepatitis akut adalah salah satu penyakit yang susah disembuhkan yang bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh. Berbagai macam penyebab hepatitis akut di antaranya disebabkan oleh toksin, adanya kelainan metabolik dan akibat obat-obatan tertentu.

Pada dasarnya, semua orang bisa terkena virus hepatitis akut ini. Waspadalah, karena hepatitis akut ini susah disembuhkan. Gejala dari penyakit ini berupa muntah-muntah, badan terasa lelah dan selera makan berkurang secara signifikan, sehingga berat badan menurun.

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

Gejala Hepatitis Akut

Selain yang disebutkan tadi, ternyata gejala hepatitis akut masih banyak. Gejala lainnya bisa terlihat saat buang air kecil, di mana urine yang keluar berwarna agak gelap. Alergi juga bisa terjadi pada kulit yang bisa menyebabkan gatal dan nyeri di bagian persendian.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

Biasanya, penderita hepatitis akut juga merasakan flu sehingga mengganggu aktivitas keseharian. Bahkan sakit flu dapat disertai dengan kegagalan hati. Karena memang yang jadi fokus serangan penyakit ini adalah organ hati.

Jika Anda terindikasi terkena penyakit hepatitis akut, maka segera temui dokter untuk mendapat penanganan.

Penyebab Hepatitis Akut

Virus hepatitis akut ini muncul bisa jadi disebabkan, karena mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang. Tak hanya itu saja, hepatitis akut juga dapat disebabkan karena mengonsumsi alkohol sehingga sudah seharusnya bila Anda mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol yang sangat berisiko.

Tapi pada dasarnya, orang yang mengidap penyakit hepatitis akut akan mengalami masa perbaikan dalam kurun waktu antara 4-8 minggu. Meski begitu, pemeriksaan ke dokter tetap harus dilakukan karena ternyata tidak semua penderita hepatitis akut bisa sembuh dengan sendirinya tanpa menjalani pengobatan.

Penyakit hepatitis akut cukup berbahaya bagi tubuh, karena bisa menyerang fungsi hati sehingga pola metabolisme akan terganggu. Oleh kena itulah, dibutuhkan sikap waspada terhadap segala penyebab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.