8 Cara Ampuh Mengurangi Risiko Kanker Prostat

(source : telegraph.co.uk)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Bagi banyak pria, kanker prostat bisa jadi merupakan sebuah penyakit menakutkan. Selain kanker kulit, kanker prostat adalah jenis kanker yang paling umum ditemukan pada pria. Penting untuk dicatat, bahwa kanker prostat belum tentu merupakan penyakit mematikan.

Sosok Dexter Scott Anak Martin Luther King Meninggal Dunia Karena Kanker Prostat

ketika bisa dideteksi secara dini (misalnya, sebelum memiliki kesempatan untuk menyebar ke bagian tubuh lain), maka akan bisa meningkatkan harapan hidup mencapai 98 persen. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker prostat secara signifikan.

Berikut ini delapan langkah yang harus Anda lakukkan, sebagaimana dilansir men's health :

Sering Masturbasi Bisa Sebabkan Kanker Prostat?

1) Kurangi makan daging dan susu

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak  hewani tinggi, seperti susu dan daging merah, lebih berpeluang terkena kanker prostat. Penting untuk dicatat, bahwa penelitian ini tidak menunjukkan bahwa makanan yang menggemukkan benar-benar menyebabkan kanker prostat.

Bukan Air Kemasan, Konsumsi Daging Merah Perbesar Risiko Terkena Kanker Prostat

Tapi sebaliknya, mereka menunjukkan ada korelasi antara kanker prostat dan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti keju atau daging. Meskipun demikian, ahli onkologi Dr. David Wise dari Perlmutter Cancer Center di NYU Langone menyarankan pasien untuk berbuat salah pada sisi kehati-hatian dan mendapatkan sebagian besar lemak mereka dari alpukat dan kacang-kacangan di atas produk hewani.

2) Konsumsi brokoli

Dalam hal makanan yang bisa melawan kanker, Wise mengatakan, "Tampaknya sayuran benar-benar merupakan salah satu yang paling efektif. Jenis sayuran ini termasuk brokoli dan kembang kol, yang mengandung bahan kimia alami yang dapat mencegah pertumbuhan kanker.

Menurut Wise, bahan kimia ini berbahaya bagi sel-sel kanker tetapi sangat baik untuk sel-sel lain dalam tubuh kita. Dia menegaskan, bahwa sayuran adalah makanan yang terkuat dalam hal  melawan kanker prostat.

3) Jangan merokok

“Merokok tidak hanya terkait dengan kanker paru-paru. Ini juga terkait dengan kanker prostat, ”kata Wise. Secara khusus, merokok dikaitkan dengan bentuk agresif kanker prostat yang lebih cenderung menyebar, katanya.

Terlebih lagi, sebuah tinjauan dari 24 studi yang mengamati risiko kanker prostat dan merokok yang diterbitkan pada 2010 menetapkan bahwa pria yang merokok paling banyak memiliki risiko 24 hingga 30 persen lebih tinggi meninggal akibat kanker prostat daripada bukan perokok.

4) Hindari mengonsumsi suplemen vitamin E

Umumnya, masyarakat menganggap vitamin sebagai hal yang baik, tetapi sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat yang agresif.

Ketika Anda mendapatkan asupan 15 mg vitamin E sehari dari diet Anda, menurut National Institute of Health, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan. “Sehingga,  melebihi apa yang akan sudah ada dalam diet normal, bisa jadi akan menjadi ide yang buruk," kata Wise.

5) Ejakulasi secara teratur

Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa seks teratur dapat membantu mencegah kanker prostat. Penelitian terhadap 2.338 pria menunjukkan, bahwa pria yang bermasturbasi lima kali atau lebih dalam seminggu memiliki kemungkinan 34 persen lebih rendah terkena kanker prostat pada usia 70 tahun daripada mereka yang jarang bersenang-senang.

"Cairan sperma mengandung zat-zat yang bersifat karsinogenik," Graham Giles, Ph.D., penulis studi utama, mengatakan kepada Men’s Health. "Ejakulasi teratur dapat membantu menghilangkan mereka."

6) Berhubungan seks yang aman

Berbicara tentang seks, menggunakan perlindungan dapat menurunkan peluang Anda terkena kanker prostat. Infeksi yang ditularkan secara seksual seperti sitomegalovirus dan trikomoniasis telah dikaitkan dengan kanker prostat.

Yang pertama adalah jenis herpes yang ditemukan dalam jaringan prostat kanker. Trikomoniasis, di sisi lain, adalah virus yang dapat diobati yang mungkin memiliki efek jangka panjang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menemukan, bahwa pria yang pernah terinfeksi trikomoniasis memiliki peluang 40 persen lebih besar untuk terkena kanker prostat.

7) Menurunkan berat badan

Penelitian bertahun-tahun dengan jelas menunjukkan, bahwa berat badan berlebih dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, termasuk bentuk kanker prostat yang agresif, tulis American Cancer Society.

Tidak jelas mengapa kelebihan lemak dikaitkan dengan kanker, tetapi para peneliti berteori mungkin karena kadar hormon tertentu, misalnya, insulin, estrogen dan androgen, berkurang ketika orang berada pada berat badan yang sehat.

8) Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa tetap aktif dapat mencegah kanker prostat. Faktanya, Wise percaya berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat adalah dua cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker prostat Anda. “Saya pikir waktu, energi dan dana harus diinvestasikan untuk menambah berat badan yang sehat dan mengikuti program olahraga,” katanya.

Seberapa banyak Anda harus berolahraga? "Sekitar dua setengah jam atau sekitar satu jam lima belas menit berolahraga tiap minggu dengan intens adalah yang minimum,"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.