Sering Main Ponsel saat Buang Air Besar? Hati-hati, Ambeien Siap Intai Anda

Main Ponsel Saat BAB
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat ini ponsel kerap dijadikan pacar kedua, kemana-mana harus dibawa sampai ke kamar mandi pun rasanya sayang jika tidak membawa barang kecil ini. Padahal, ada beberapa risiko yang bisa terjadi, jika terlalu sering membawa ponsel ke kamar mandi.

3 Resep Ramuan Herbal Manjur Obati Wasir

Tahukah kamu, ternyata sering bawa ponsel ke toilet bisa berisiko terkena ambeien? Beberapa orang akan merasa bosan saat sedang tidak melakukan sesuatu apapun, termasuk saat sedang buang air besar. Waktu ini kadang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk bermain ponsel.

Padahal kebiasaan ini sama sekali tidak sehat. Bermain ponsel saat buang hajat bisa meningkatkan risiko adanya tekanan berlebih pada pembuluh darah. Salah satu faktor risiko terkena ambeien adalah karena duduk terlalu lama, mengejan terlalu keras karena sering sembelit.

Jangan Lakukan Lagi, BAB Sambil Main HP Bisa Kena Wasir

Memang, bukan main ponsel yang menyebabkan ambeien terjadi, tapi duduk di toilet dalam waktu lama yang menjadi penyebabnya. Saat main ponsel, umumnya kita tidak ingat waktu dan sibuk dengan ponsel.

Akibatnya kita jadi lebih lama duduk dan menyebabkan meningkatknya tekanan di pembuluh darah sekitar anus. Aliran darah tidak akan mengalir dengan lancar. Darah pun menumpuk menyebabkan pembengkakan, rasa askit dan gatal juga pendarahan ketika feses dikeluarkan.

Tak Hanya Mengejan, Duduk Lama Juga Picu Ambeien

Menurut sebuah studi tahun 2017 menemukan, bahwa ponsel genggam ini bisa menampung bakteri E.coli dan mikroba lainnya. Bakteri ini sebenarnya ada dalam usus manusia. Tapi beberapa jenis tertentu dari bakteri ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti misal kram, diare dan perut mulas.

Ilustrasi susah buang air besar.

Hati-hati BAB Berdarah, Gejala Kanker Usus Sering Terabaikan

Kanker usus adalah jenis kanker yang biasanya berkembang dari usus besar atau muara akhir saluran pencernaan.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.