5 Alasan Betapa Pentingnya Konsumsi Vitamin C

Vitamin C.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sejak dahulu, vitamin C memang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin C atau asam askorbat adalah jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak dihasilkan oleh tubuh.

Rahasia Turun-temurun Dapatkan Kulit Cerah dan Glowing

Vitamin C bisa Anda temukan di dalam buah-buahan dan sayuran segar atau jika perlu dari suplemen vitamin C. Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh. Kira-kira, apa saja?

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses pemulihan

5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berbagai keluhan atau masalah kesehatan, seperti batuk dan pilek ternyata bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Terutama ketika kelelahan atau saat melakukan aktivitas berat.

1. Bertindak sebagai antioksidan

Perlukah Konsumsi Vitamin C 1000 Saat Kondisi Tubuh Sedang Fit?

Vitamin C bisa bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga efektif menghambat risiko penuaan dini, mencegah penyakit jantung hingga penyakit kanker.

2. Membantu memproduksi kolagen

Ternyata, vitamin C juga membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka, memperlambat penuaan, mencegah keriput, menjaga keremajaan serta mencerahkan kulit.

3.Meningkatkan penyerapan zat besi

Vitamin C bisa meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sekaligus membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa melawan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

4.Merawat tulang rawan, tulang dan gigi

Beberapa penelitian meyakini, bahwa vitamin C mampu merawat kesehatan tulang rawan, tulang dan gigi. Juga bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sehingga, dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Selain itu, vitamin C juga diyakini bisa mencegah penyakit empedu dan katarak.

Vitamin C bisa Anda temukan di berbagai jenis makanan seperti buah dan sayuran seperti jeruk, kiwi, mangga, nanas, pepaya, brokoli, tomat dan paprika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.