Buah Pisang dengan Segala Manfaatnya bagi Tubuh Kita

Buah Pisang - Photo by Syed Hussaini on Unsplash
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Pisang merupakan buah yang banyak tersebar di Indonesia. Pisang tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini memiliki banyak manfaat mulai dari buah, daun, bunga, hingga batangnya. Buah pisang dapat kita temukan seluruh wilayah Indonesia dan memiliki harga yang terjangkau.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Buah pisang termasuk buah tropis berkalori tinggi. Daging buahnya lembut dan mudah dicerna mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga setelah dikonsumsi langsung mengisi energi dan merevitalisasi tubuh.

Dalam 1 porsi buah pisang (sekitar 129 gram) mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat, 1 gram protein, vitamin B6, mangan, vitamin C, kalium, serat, magnesium, folat, riboflavin, niacin, vitamin A, dan zat besi.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Dengan kandungan gizi yang terkandung di dalam buah pisang, buah ini memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung.

Buah pisang juga merupakan makanan favorit bagi para atlet karena mengandung karbohidrat yang kompleks dan simpleks yang dapat dikonsumsi ketika berlatih maupun bertanding untuk mendapatkan energi secara cepat. Selain itu, sumber karbohidrat dan kalium pada buah ini juga dapat meningkatkan daya tahan (endurance) para atlet.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Buah ini mengandung kalium yang tinggi. Kalium ini merupakan komponen cairan sel dan tubuh yang dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Kandungan kalium dalam pisang ini dapat mengembalikan kalium yang hilang dan membantu menambah kepadatan feses pada penderita diare sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk penderita diare.

Dengan segala kelebihan yang ada dalam buah pisang, mengonsumsinya secara berlebihan juga dapat mengakibatkan hiperkalemia, yang ditandai adanya kelemahan otot, kelumpuhan sementara dan detak jantung yang tidak teratur.

Demikianlah beberapa manfaat dan kandungan yang terdapat dalam buah pisang. Mari kita senantiasa menjaga tubuh kita tetap sehat dengan memakan buah-buahan, termasuk buah pisang. Biasakan diri Anda untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur setiap hari agar kebutuhan gizi Anda seimbang sehingga Anda dapat beraktivitas dengan baik setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.