Jangan Sepelekan Air Putih, Yuk Ketahui Manfaatnya bagi Kesehatan Kita

Ayo minum minimal 8 gelas air putih per hari - Photo by manu schwendener on Unsplash
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Kita sudah tidak asing lagi dengan air putih. Setiap hari tentunya hidup kita tidak dapat lepas dari yang namanya air putih. Meskipun di luar sana sudah mulai banyak dijual minuman-minuman berwarna dan berasa, air putih tetap kita perlukan dan bahkan jauh lebih bermanfaat dibandingkan minuman tersebut.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI memiliki ketentuan, yaitu air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.

Air sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Air putih tidak memiliki kalori sehingga tidak dapat menambah berat badan. Selain itu air juga memiliki manfaat lainnya, antara lain sebagai berikut.

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

1. Menjaga kadar cairan tubuh
2. Mencegah dehidrasi
3. Membantu mengendalikan dan mencegah peningkatan berat badan
4. Menjaga kulit tetap segar
5. Melindungi jaringan tubuh dan saraf
6. Membantu proses pembuangan sisa zat makanan melalui keringat, urine, dan kotoran.

Cairan yang dibutuhkan pada setiap orang itu berbeda-beda tergantung berat badan orang tersebut. Kebutuhan cairan pada orang dewasa dan anak-anak jelas berbeda. Pada orang dewasa, konsumsi air yang dianjurkan minimal 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter per hari.

Alami Diabetes hingga Kehilangan Satu Kaki, Suty Karno Sempat Tidak Suka Minum Air Putih

Kebutuhan cairan tubuh juga dapat meningkat dalam beberapa kondisi, seperti berolahraga atau aktif secara fisik, demam, diare, muntah, cuaca yang panas, hamil dan menyusui. Kondisi tersebut membuat cairan yang dikeluarkan lebih banyak sehingga perlu untuk konsumsi air putih lebih banyak lagi.

Ternyata sangat banyak manfaat yang kita peroleh dengan rutin minum air putih. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membiasakan rutin minum air putih, di antaranya membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau ngemil dan membawa botol air minum setiap kali bekerja dan pergi keluar rumah. Jangan malu untuk membawa botol minuman karena ini demi kesehatan Anda.

Ilustrasi minum air/air putih.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Biasanya, senyawa bromat ini lebih banyak terdapat dalam air kemasan yang sumber airnya telah tercemar limbah industri atau pabrik. Bergantung pada lingkungan sumber air.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.