Mari Berkenalan dengan APD, Penting untuk Melindungi Diri dari Bahaya

APD
APD
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Mengenal Alat Perlindungan Diri atau APD sangat diperlukan oleh para pekerja dan para pengusaha. Alat Perlindungan Diri adalah suatu alat yang digunakan untuk melindungi seseorang. Berfungsi mengurangi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja.

Perusahaan dan pekerja sama-sama harus mengetahui tentang keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku. Salah satunya dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standar. Bagi seorang pekerja, keselamatan kerja menjadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan.

Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) ini juga diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Kewajiban ini tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per.08/Men/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri (APD). Dan pengusaha wajib untuk menyediakan Alat Perlindungan Diri sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pekerjanya. Untuk kelengkapan Alat Perlindungan Diri biasanya terdiri dari:

Pelindung Mata 
Berfungsi untuk melindungi mata dari paparan partikel yang melayang di udara atau pun di air, percikan benda kecil, benda panas atau pun uap panas, menghalangi pancaran cahaya yang langsung ke mata, benturan, serta pukulan benda keras dan tajam. 

Masker Pernapasan
Berfungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan cara menyaring cemaran bahan kimia, mikro organisme, partikel debu, aerosol, uap, asap, ataupun gas.

Pelindung Telinga
Berguna melindungi telinga dari sumber suara yang cukup tinggi. Hal ini dimaksudkan karena telinga tidak mampu menahan suara dalam intensitas yang tinggi dan memekakkan.

Sarung Tangan
Berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, benturan, pukulan, tergores benda tajam ataupun infeksi dari zat patogen seperti virus dan bakteri.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.