Yuk, Konsumsi Buah Alpukat dan Rasakan Khasiatnya

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Alpukat adalah buah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Buah ini dapat kita temukan di pasar, restoran, kedai penjual minuman jus dan lain-lain. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dapat dijus, ditambahkan es dan susu, tergantung selera kita masing-masing.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Buah alpukat tidak bisa kita anggap remeh. Ternyata buah alpukat ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah ini memiliki beberapa kandungan gizi yang bermanfaat, di antaranya lemak, protein, vitamin dan mineral, serat dan gula.
Lemak yang terkandung dalam alpukat bukanlah lemak jahat, melainkan lemak baik atau lemak tidak jenuh yang dianggap dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Buah ini memiliki kandungan protein sebanyak 4 gram, yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Beragam vitamin dan mineral yang ada di dalam buah ini seperti vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan kalium.

5 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Rebusan Daun Alpukat, Apa Saja?

Serat dalam buah alpukat termasuk cukup tinggi, sekitar 11 gram serat, sehingga cukup untuk memenuhi separuh kebutuhan serat harian kita. Kandungan gula pada buah ini relatif kecil, yaitu sekitar 0,2 gram, yang cenderung tidak berbahaya bagi tubuh.
Beberapa manfaat yang didapat dari mengonsumsi buah alpukat antara lain sebagai berikut.

1. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dapat mengurangi kolesterol LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol HDL (high density lipoprotein).

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Membantu Lebih Cerah dan Lembap

2. Sebagai makanan pilihan untuk menurunkan berat badan karena apabila dikonsumsi membuat perut terasa cepat kenyang sehingga mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

3. Mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

4. Kadar lutein dan zeaxanthin dalam alpukat dapat menjaga kesehatan mata.

5. Mengandung asam folat yang sangat baik untuk kesehatan janin pada ibu hamil.

Demikianlah beberapa manfaat yang terkandung dalam buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsilah buah ini secara teratur dan tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa. Selain itu, jagalah kesehatan tubuh kita dengan rutin berolahraga dan makan makanan yang sehat dan menyehatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.