Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Gatal dan Cara Menggunakannya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit Gatal
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kulit yang gatal pada umumnya muncul karena beberapa penyebab, salah satunya akibat reaksi alergi. Reaksi alergi ini bisa terjadi dikarenakan sistem kekebalan yang ada pada tubuh menurun. Penyebab alergi juga datang karena beberapa hal. Mulai dari kurang cocok pemakaian kosmetik dan ada juga yang datang dari alergi makanan seperti, ikan, udang, kepiting, kacang-kacangan, susu kedelai dan yang lainnya.

Zaidul Akbar: Lidah Buaya Bermanfaat untuk Jantung, Darah dan Pankreas! Begini Cara Olahnya

Tanaman lidah buaya ternyata bisa menangani penyakit kulit yang gatal karena mengandung antimikroba yang dapat mencegah perkembangan iritasi kulit menjadi infeksi. Selain itu, bagus juga untuk membantu mengobati berbagai penyakit kulit seperti, kulit kering, alergi gatal dan luka bakar. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Siapkan lidah buaya yang sudah dicuci bersih dari kotoran dan tanah. Kemudian potong atau kupas bagian kulit luar sehingga bagian daging lidah buaya mengeluarkan lendir atau gel. Lalu oleskan lendir tersebut ke bagian kulit yang gatal secara merata dan tunggu reaksinya beberapa saat.

Terpopuler: Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari, Rumah Seram Ki Joko Bodo

Perlu kamu ketahui, selain mengandung anti jamur (antimikroba), tanaman lidah buaya  ini juga memiliki beberapa kandungan atau senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan gizi dan kandungan senyawa yang terdapat dalam lidah buaya yang kaya akan manfaatnya

Tinggi Antioksidan

5 Cara Lunturkan Lemak Dengan Konsumsi Lidah Buaya

Kandungan antioksidan yang terdapat pada lidah buaya semakin didukung dengan adanya  beberapa kandungan yaitu vitamin C, vitamin E. Fungsi vitamin C dan E sangat baik bagi kesehatan tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan. Kombinasi antara kandungan antioksidan dan vitamin mampu melindungi kesehatan kulit dengan baik untuk mereproduksi dan juga melindungi kulit dari sinar UV.

Kandungan Mineral Lengkap

Selain mengandung vitamin C dan E, daging bagian dalam lidah buaya juga mengandung vitamin B, asam folat, dan B12. Vitamin B memiliki manfaat untuk menghilangkan nyeri otot dan saraf. Vitamin B12 yang ada pada lidah buaya juga cukup tinggi, padahal umumnya B12 ini hanya terdapat pada makanan hewani saja. Hal ini tentu baik jika digunakan sebagai bahan makanan atau minuman.

Tinggi Cairan

Seperti kita tahu, lidah buaya memang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Hal inilah yang baik bagi kesehatan yaitu mencegah dehidrasi pada kulit dan tubuh serta melancarkan sistem pencernaan. Cairan yang terdapat dalam tanaman lidah buaya juga dapat digunakan sebagai masker wajah, obat gatal bahkan dijadikan minuman sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.