Gejala Sampai Cara Mencegah Penyakit Wasir

Ciri khas penyakit wasir.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Penyakit ambeien merupakan suatu penyakit yang terjadi pada anus atau dubur yang disertai dengan pembengkakan dan perdarahan. Penyakit ambeien ini cukup menyulitkan, membuat rasa tidak nyaman. Bahkan membuat seorang penderita ambeien merasa malu dan minder.

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

Umumnya kebanyakan orang yang menderita penyakit ambeien ini lebih memilih pengobatan dengan cara tindak operasi pembedahan untuk mengangkat benjolan ambeien tersebut. Namun pastinya memberikan dampak buruk usai operasi.

Ambeien atau wasir sering tidak selalu menimbulkan gejala. Jadi, Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda memiliki penyakit wasir. Jika muncul gejala biasanya dapat berupa rasa tidak nyaman, gatal atau nyeri di sekitar anus sampai keluar darah dari anus. Biasanya saat BAB akan keluar benjolan lembap dan merah muda di sekitar tepi atau keluar dari anus Anda (Ini mungkin terlihat ungu atau biru juga.)

Penggunaan Laser dan Radiofrekuensi dalam Terapi Wasir Dapat Pengakuan

Komplikasi dari wasir sebenarnya jarang terjadi. Namun bisa meliputi bekuan darah di pembuluh darah yang membengkak dan berdarah. Anemia defisiensi besi disebabkan karena terlalu kehilangan banyak darah. Penyakit wasir juga mempunyai stadium-stadium tertentu dibedakan dari tingkat keparahannya. Sedikitnya ada empat stadium ambeien yang umumnya terjadi, yaitu

Ambeien stadium I

Wasir Mengganggu? Segera Atasi dengan Penanganan yang Tepat

Stadium ini ditandai dengan mulai timbulnya rasa tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal di dalam anus. Kejadian ini biasanya Anda rasakan saat duduk dan berjalan. Tanda-tanda lain adalah sering terasa gatal dan panas di sekitar anus.

Ambeien stadium II

Stadium ini ditandai dengan adanya bercak darah pada kotoran yang keluar dari anus. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan kotoran pada pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Dalam stadium ini biasanya muncul tonjolan berwarna ungu kehitaman yang keluar dari dubur saat Anda jongkok dan BAB. Namun benjolan itu bisa masuk dengan sendirinya.

Ambeien stadium III

Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan dari anus yang tidak bisa kembali masuk dengan sendirinya. Anda harus memasukkannya dengan jari tangan untuk bisa kembali dalam posisi normal. Pastinya keluarnya tonjolan itu disertai dengan tetesan atau bercak-bercak darah karena adanya luka pada pembuluh darah yang membengkak. 

Ambeien stadium IV

Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan yang tidak bisa kembali masuk lagi meski pun sudah dimasukkan dengan jari tangan. Tonjolan itu selalu kembali keluar disertai dengan bercak-bercak darah. Pada stadium ini, Anda dianjurkan untuk menjalani tindakan penyembuhan secara medis. Bisa dengan operasi, tembak laser dan sebagainya.

Beberapa orang lebih mungkin menderita wasir jika salah satu anggota keluarga lainnya, seperti orang tua juga memiliki riwayat penyakit wasir. Penumpukan tekanan di rektum bawah Anda dapat memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah di sana membengkak.

Penyebab penyakit wasir biasanya dapat karena mengejan terlalu kuat saat BAB, mengangkat sesuatu yang terlalu berat atau terlalu banyak duduk. Anda mungkin mendapatkannya saat mengalami sembelit atau diare yang tidak jelas. Batuk, bersin, dan muntah bisa membuat mereka memburuk. Untuk mencegah terjadinya penyakit wasir, dapat dilakukan dengan:

Makan serat

Cara yang baik untuk mendapatkannya adalah dari makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan kacang polong.

Minum air

Ini akan membantu Anda menghindari kotoran keras dan sembelit. Sehingga Anda mengalami regangan lebih sedikit saat buang air besar. Buah dan sayuran yang memiliki serat, juga memiliki air di dalamnya.

Olahraga

Aktivitas fisik, seperti berjalan setengah jam setiap hari adalah cara lain untuk menjaga darah dan perut Anda tetap bergerak. Jangan menunggu untuk pergi BAB. Gunakan toilet segera setelah Anda merasakan dorongannya

Bahaya penyakit ambeien jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan menjadi membesar dan semakin lama akan berbahaya. Lama-lama penyakit ambeien ini akan menonjol keluar sehingga akan mengganggu aktivitas Anda.

Bahaya penyakit ambeien pada penderitanya bisa menimbulkan rasa yang sangat sakit. Dan untuk penderita wasir biasanya sulit untuk duduk dengan nyaman dan melakukan buang air besar dengan lebih lancar. Karena akan terasa sakit jika anus mendapatkan tekanan.

Pada mereka yang menderita penyakit ambeien dengan kasus yang parah, biasanya harus diobati dengan melakukan tindakan operasi. Oleh karena itu, penyakit ambeien ini harus diwaspadai dan ditangani dengan cara yang baik agar dengan mudah bisa diobati. Sebaiknya jangan menyepelekan penyakit ambeien ini. Karena bahaya penyakit ambeien adalah akan menyebabkan penderitanya mengalami penderitaan seumur hidup akibat penyakit ambeien yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik sampai pada akarnya.

Bahaya penyakit ambeien luar adalah biasanya kulit akan menutupi pembuluh darah. Karena posisinya yang terletak di luar anus, ambeien luar biasanya akan lebih mudah terlihat. Dan gejala yang muncul dari penyakit ambeien luar biasanya berbeda dengan penyakit ambeien dalam.

Karena letaknya yang ada di luar dan tidak melalui kotoran, maka keluhan yang akan muncul adalah rasa sakit atau nyeri akibat dari pembuluh darah yang pecah. Dan jika pembuluh darah ini pecah, maka darah akan keluar namun menumpuk dan mengumpul sehingga menyebabkan timbulnya bekuan darah atau trombosis. Ada saatnya jika wasir pecah, namun masih tetap menonjol dan menjadi suatu bekuan darah. Maka segeralah untuk mengobati penyakit ambeien ini sebelum menjadi semakin parah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.