Bikin Takjub! Manfaat Buah Nanas yang Jarang Diketahui

Buah Nanas
Sumber :
  • vstory

VIVA – Konsumsi buah pada makanan sehari-hari adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Satu buah yang memiliki manfaat kesehatan yang melimpah adalah nanas.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Untuk mendapatkan manfaat sehat nanas ini, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau juga mengolahnya menjadi minuman.

Buah tropis ini juga mengandung enzim bromelain. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa bromelain dapat mempercepat penyembuhan luka, mencegah penyakit paru-paru, dan menenangkan otot-otot yang tegang.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Manfaat lain dari enzim dalam nanas dapat mengatasi radang sendi, penyakit autoimun, dan infeksi sinus. Nanas mengandung banyak nutrisi sehingga sangat cocok untuk kesehatan.

Ada banyak manfaat nanas yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi nanas.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

1. Memerangi Kanker

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa bromelain memiliki sifat anti kanker. Enzim ini dapat memicu apoptosis, suatu proses yang membunuh sel-sel penyebab kanker sambil mempertahankan sel-sel sehat.

2. Cegah Asma

Nanas mengandung beta karoten yang dikaitkan dengan penurunan risiko asma. Buah ini dapat meningkatkan kesehatan dengan membuang racun dari tubuh dan melawan peradangan.

3. Vitamin C

Vitamin C diketahui memiliki dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Nutrisi ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menangkal penyebaran virus, dan infeksi bakteri.

Buah ini juga dapat digunakan untuk merawat kondisi kulit. Vitamin C dapat mempercepat penyembuhan dari sengatan matahari atau kulit kering dan teriritasi.

4. Meningkatkan Pencernaan

Makan nanas dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan mencerna protein menjadi peptida dan asam amino. Buah ini mengandung serat, air, dan elektrolit yang bisa mengatasi asam lambung.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Selain meningkatkan pencernaan, makan nanas juga bisa meningkatkan mood. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa nanas dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan. Buah ini mengandung asam amino tritofan yang membantu produksi serotonin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.