Ingin Berhenti Merokok? Berikut 3 Cara Ampuhnya

Ayo berhenti merokok
Sumber :
  • vstory

VIVA – Merokok merupakan salah satu gaya hidup sebagian orang di dunia, termasuk di Indonesia. Jumlah perokok diprediksi semakin lama semakin meningkat. Merokok ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tidak hanya pada para perokok. Bahkan yang tidak merokok juga mendapatkan dampak buruk dari paparan asap rokok, termasuk ibu hamil dan anak bayi dan balita.

Lagi Liburan, Vokalis RHCP Anthony Kiedis Sebat Bareng Warga Kepulauan Mentawai

Di Indonesia, diperkirakan lebih dari 97 juta penduduk yang terpapar asap rokok. Merokok merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit paru, stroke, dan lain-lain. 

Apalagi ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang konsumsi sayur dan buah, banyak konsumsi gula, garam dan lemak, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan meminum minuman beralkohol. Nah, berikut ada 3 tips yang dapat Anda terapkan untuk berhenti merokok, antara lain sebagai berikut.

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

1. Berhenti seketika

Apabila hari ini Anda masih merokok, sebanyak apa pun jumlah rokok yang Anda isap per hari, mulai besok dan seterusnya Anda berhenti merokok sama sekali. Cara ini sangat ampuh bagi kebanyakan orang. Namun, untuk perokok berat mungkin cara ini akan terasa sangat berat.

Viral Pengendara Mobil Ngamuk karena Ditegur Merokok

2. Penundaan

Cara penundaan ini dilakukan dengan menunda waktu saat Anda mengisap rokok. Pertama misalnya selama 2 jam setiap hari dari hari sebelumnya. Tergantung komitmen dan kemampuan Anda untuk berhenti merokok. Pada cara ini, jumlah rokok yang diisap tidak dihitung. Misalnya target Anda berhenti merokok dalam 1 minggu, lakukan seperti contoh di bawah ini:
Hari pertama: Pukul 09.00
Hari kedua: Pukul 11.00
Hari ketiga: Pukul 13.00
Hari keempat: Pukul 15.00
Hari kelima: Pukul 17.00
Hari keenam: Pukul 19.00
Hari ketujuh: Pukul 21.00

3. Pengurangan

Pada cara ini, jumlah rokok yang diisap setiap hari dikurangi secara bertahap dan berangsur-angsur dengan jumlah yang sama, hingga 0 pada hari yang ditetapkan. Misalnya target Anda 7 hari, lakukan seperti pola di bawah ini:
Hari pertama: 24 batang
Hari kedua: 20 batang
Hari ketiga: 16 batang
Hari keempat: 12 batang
Hari kelima: 8 batang
Hari keenam: 4 batang
Hari ketujuh: 0 batang

Demikian 3 tips cara berhenti merokok dari saya. Mudah-mudahan cita-cita Anda berhenti merokok dapat terwujud. Ingatlah bahwa salah satu bukti cinta dan sayang kita terhadap diri kita dan keluarga kita adalah dengan tidak merokok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.