Bukan Hanya Pintar, Berikut Manfaat dari Membaca Buku

Membaca buku
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa membaca buku adalah kegiatan yang dilakukan di waktu luang mereka. Tetapi tahukah Anda bahwa membaca dapat memaksimalkan fungsi otak?

8 Kiat Meningkatkan Minat Baca pada Anak

Otak dapat dianggap sebagai salah satu komponen terpenting dalam tubuh. Fungsi utama otak bagi manusia adalah sebagai tempat menyimpan memori. Otak membantu manusia untuk berpikir, belajar, mengingat, dan membantu seseorang melakukan kegiatan sehari-hari.

Dengan membaca buku, otak dapat bekerja dengan baik untuk melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir. Para ahli bahkan menyarankan kita untuk membaca buku setiap hari, agar otak tetap sehat dan dapat berfungsi untuk jangka waktu yang lama. Lalu, apakah manfaat sebenarnya dari membaca buku?

Skor Membaca Indonesia Jeblok, DPR Minta Pemerintah Lakukan Ini

Membaca buku juga dapat membantu daya ingat penderita alzheimer. Para ilmuwan dari University of California, Amerika Serikat, mengutarakan bahwa membaca dapat membantu mengurangi kadar beta amyloid, protein otak yang terkait dengan alzheimer.

Tidak hanya terbatas pada fungsi otak, membaca juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mental secara keseluruhan, mengembangkan dan memelihara daya ingat. Fakta ini diungkapkan oleh para peneliti dari University of Liverpool dalam beberapa laporan berjudul World Book Day: Reading Can Improve Your Mental Flexibility.

Bazar Buku Internasional Dibuka Lagi, Bibliomania Wajib Merapat!

Ternyata membaca buku bukan hanya bertujuan untuk menjadi pintar. Begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat saat membaca buku. Ayo mulai membaca buku mulai sekarang!

Ilustrasi membaca.

Miris Minat Baca Orang Indonesia Rendah, Cuma 1 dari 1000 Orang yang Suka Baca

Minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Dari data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,001 persen atau 1 dari 1.000 yang suka membaca

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.