Ketika Merokok di Lingkungan Keluarga, Apa Dampaknya?

merokok
Sumber :
  • vstory

VIVA – Merokok adalah kegiatan yang sangat umum di semua kalangan saat ini. Meskipun kita semua tahu bahaya merokok, apalagi sudah banyak kasus di mana orang sakit atau meninggal karena merokok, tetapi tampaknya bahaya merokok masih tidak membuat perokok berhenti merokok.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Setiap perokok punya alasan mengapa mereka memilih merokok. Umumnya mereka merokok karena rokok dianggap sebagai penghilang stres, awalnya merokok hanyalah percobaan dan kesalahan dan menyebabkan kecanduan rokok, atau karena lingkungan sosial di mana mayoritas lingkungan ini adalah perokok.

Yang semakin mengkhawatirkan sekarang adalah bahwa perokok aktif tidak hanya membahayakan diri mereka sendiri, tetapi juga membahayakan orang-orang di sekitar mereka yang tidak merokok, yaitu perokok pasif.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun, penggunaan tembakau membunuh setidaknya delapan juta orang. Badan PBB melaporkan 3,3 juta pengguna tembakau akan meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan paru-paru.

Jumlah ini termasuk orang yang terpapar asap rokok, termasuk lebih dari 60.000 anak di bawah usia lima tahun yang meninggal karena infeksi saluran pernapasan bawah karena perokok pasif.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Miris bukan nasib perokok pasif? di mana mereka dipaksa untuk menghirup asap rokok dari perokok yang merokok di sekitar mereka. Perokok hanya terus merokok tanpa memikirkan lingkungan sekitarnya.

Tetapi, bagaimana jika perokok itu tidak menyadari bahwa asap rokok mereka juga membahayakan saudara mereka sendiri? Yup, banyak perokok tidak menyadari bahwa orang yang mereka cintai, yaitu keluarga mereka, juga menjadi perokok pasif. Apalagi merokok di rumah seperti hal yang sangat biasa.

Sementara banyak anggota keluarga seperti anak-anak, wanita hamil, dan orang tua tidak boleh menghirup asap rokok.

Apa bahaya dari asap rokok untuk anak-anak, wanita hamil dan orang tua?

1. Pada Anak Kecil:

Asma, meningitis, sindrom kematian bayi mendadak, preumonia, bronkitis.

2. Pada Wanita Hamil:

Keguguran, bayi yang lahir dengan berat di bawah rata-rata, bayi mati dalam keadaan lahir.

3. Pada Orangtua:

Kanker pikun, jantung dan paru-paru (anak-anak dan juga wanita hamil bisa mendapatkan penyakit ini).

Bukankah ini menyedihkan? Di mana orang memiliki hak untuk menjaga kesehatan mereka sendiri, orang memiliki hak untuk tidak menghirup asap rokok, orang memiliki hak untuk memiliki paru-paru yang bersih. Tetapi keadaan memaksa mereka untuk menghirup asap rokok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.