Benarkah Olahraga Rutin Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

Olahraga
Sumber :
  • vstory

VIVA - Salah satu cara yang sering disebut-sebut dapat membantu Anda menurunkan berat badan adalah olahraga teratur. Padahal, ada banyak macam kegiatan, sehingga orang bisa menentukan olahraga mana yang paling tepat untuknya. Tapi, benarkah olahraga teratur bisa mempercepat proses penurunan berat badan?

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Menurunkan berat badan mungkin merupakan 'pekerjaan' yang cukup berat. Selain komitmen yang diperlukan, Anda juga harus konsisten dan disiplin saat menjalankannya.

Sayangnya, menurunkan berat badan tidak efektif dengan mengurangi asupan kalori harian saja. Anda juga harus terbiasa dengan olahraga teratur.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Mengapa? Ini karena jika Anda menurunkan berat badan dengan mengurangi jumlah kalori tanpa olahraga, Anda mungkin tidak hanya kehilangan lemak, tetapi juga massa otot.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity Reviews menyatakan bahwa seperempat massa yang hilang ketika Anda mengurangi asupan kalori harian Anda adalah massa otot.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Padahal, otot lebih aktif dalam proses metabolisme daripada lemak. Jika massa otot berkurang banyak, proses metabolisme menjadi lebih lambat sehingga menghambat penurunan berat badan.

Karena itu, ketika Anda menurunkan berat badan, Anda juga harus berolahraga untuk mengurangi jumlah massa otot yang hilang sehingga proses metabolisme tidak terhambat dan jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak.

Melakukan olahraga pada waktu yang sama setiap hari dapat meningkatkan jumlah waktu Anda berolahraga. Dengan demikian, kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas fisik harian meningkat. Ini berpotensi membantu Anda menjaga berat badan sehingga tidak mudah naik lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.