Makanan Pencegah Penyakit Diabetes dan Jantung

Kacang kedelai
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kedelai adalah salah satu makanan yang paling sering kita konsumsi. Tidak hanya diolah menjadi lauk pauk seperti tempe dan tahu, ternyata kedelai juga bisa dikonsumsi dalam bentuk susu atau dijadikan camilan pengisi. Tidak hanya enak, para pakar kesehatan menyebut kedelai sebagai salah satu makanan yang dapat membantu mencegah datangnya diabetes.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Bagaimana Cara Kedelai Dapat Mengurangi Risiko Diabetes?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Youngcheul Ki dari University of Massachusetts, Amerika Serikat. Dinyatakan bahwa kandungan bioaktif dalam kedelai dalam bentuk isoflavon memang terbukti secara signifikan mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Konsumsi rutin bahkan dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

"Apa yang kita makan dapat memiliki dampak besar pada kesehatan kita karena kandungan dalam makanan akan bereaksi dengan beberapa jenis gen. Penelitian ini menghasilkan fakta bahwa diet secara signifikan bisa mempengaruhi risiko penyakit Anda," kata Kim.

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Kedelai dikenal luas sebagai makanan dengan kandungan isoflavon terbanyak yang mudah ditemukan. Para peneliti memeriksa satu dari dua jenis isoflavon pada kedelai, yaitu daidzein dalam sel pada tikus percobaan. Hasilnya, gizi ini memang dapat memiliki pengaruh besar pada insulin, risiko diabetes, dan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang kemudian diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biokimia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, terutama pada manusia, tetapi para ahli kesehatan percaya bahwa dalam hal peningkatan asupan kedelai dapat secara signifikan mengurangi risiko diabetes.

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.